Ahad 04 Sep 2022 19:35 WIB

Tes Covid-19 tak Lagi Gratis, Inggris Dinilai Bakal Sulit Pantau Mutasi SARS-CoV-2

Inggris sudah tidak lagi menyediakan tes Covid-19 gratis.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi menurunnya jumlah kasus Covid-19 di Inggris membuat pemerintah meniadakan tes gratis di tempat-tempat seperti rumah sakit dan panti jompo.
Foto:

Hilangnya tes Covid-19 gratis bakal mengurangi pengawasan para pakar terhadap virus dan telah membuat orang enggan melakukan pengujian secara teratur. Akibatnya, setiap mutasi pada virus penyebab Covid-19 akan lebih sulit dikenali, dilacak, dan direspons.

photo
Varian centaurus sudah masuk Indonesia. - (Republika)

Kinane mencemaskan populasi bakal lebih rentan terhadap varian seperti BA.5 dan centaurus yang kurang jinak dibandingkan varian lainnya. Karena itu, dia mendukung kembalinya prosedur awal pengujian, juga imbauan tes PCR karena dianggap paling akurat memantau virus. Terlebih, selama beberapa bulan terakhir, banyak orang mengalami infeksi ulang dengan cepat.

 

"Sangat penting untuk diingat bahwa Covid-19 masih merupakan penyakit yang berbahaya dan sangat menular. Penting untuk tetap berhati-hati, terutama bagi orang-orang yang kekebalannya terganggu dan belum mendapatkan vaksinasi lengkap," tutur Kinane.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement