Rabu 07 Sep 2022 21:14 WIB

Truss Bentuk Kabinet Paling Beragam

Jabatan menteri utama diisi politisi kulit hitam dan Asia Selatan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengadakan rapat kabinet pertamanya di dalam 10 Downing Street di London, Rabu, 7 September 2022 sehari setelah dilantik sebagai Perdana Menteri.
Foto:

Wakil Perdana Menteri Therese Coffey

Coffey yang merupakan sekutu dekat Truss ditunjuk sebagai menteri kesehatan dan wakil perdana menteri. Ia perempuan pertama yang menjabat sebagai wakil perdana menteri.

Ia akan menghadapi tugas penting menopang Layanan Kesehatan Nasional yang sangat terbebani. Coffey yang beragama Katolik memilih menentang liberalisasi akses ke aborsi. Coffey mengatakan ia tidak ingin "membatalkan aspek apa pun dari undang-undang aborsi" terlepas keyakinannya.

Pejabat penting lainnya adalah Nadhim Zahawi yang lahir di Irak. Ia menjabat beberapa posisi di pemerintahan Johnson dan kini ditunjuk sebagai menteri urusan antara-lembaga.

Sementara bintang Partai Konservatif yang sedang naik daun, Kemi Badenoch ditunjuk sebagai menteri perdagangan. Orang tuanya orang Nigeria.

Truss mempertahankan beberapa menteri pemerintahan Johnson. Seperti Menteri Pertahanan Ben Wallace yang mempertahankan perannya dalam mengawasi dukungan Inggris pada Ukraina, dan Jacob Rees-Mogg sebagai Menteri Negara untuk Strategi Bisnis, Energi dan Industri.

Moog merupakan tokoh partai sayap kanan yang dijuluki "anggota terhormat abad ke-18" karena pandangan konservatif, retorika yang penuh kiasan dan gaya berpakaian formalnya. Aktivis lingkungan khawatir dengan posisinya di pemerintah.

 

Pasalnya ia mendukung eksplorasi minyak dan gas di Laut Timur. Ia juga tidak mendukung upaya Inggris nol emisi karbon tahun 2050.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement