Jumat 09 Sep 2022 06:56 WIB

Sepak Terjang Pangeran Charles, Raja Inggris Baru

Charles memiliki reputasi yang dinilai penuh kontroversi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Pangeran Charles Inggris dan Camilla, Duchess of Cornwall, tiba dengan kereta pada hari kedua pertemuan pacuan kuda Royal Ascot, di Ascot Racecourse, di Ascot, Inggris, Rabu, 15 Juni 2022. Sepak Terjang Pangeran Charles, Raja Inggris Baru
Foto:

Namun sebenarnya pernikahan mereka memiliki masalah. Diana menyalahkan Camilla atas kehancuran rumah tangganya pada 1992. Diana dan Charles kemudian bercerai pada 1996.

Ketika Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997, popularitas Charles merosot. Hubungan Charles dan Camilla menjadi sorotan media Inggris. 

Pada 2005 Charles akhirnya menikahi Camilla, yang telah menjadi sorotan publik. Namun, bayangan Diana tetap ada dan hidupnya terus memikat publik.  

Penulis biografi Tom Bower mengatakan, Charles berkomitmen pada isu-isu lingkungan. Tetapi dia keras kepala dan tidak dapat menerima kritik.

"Dia adalah orang yang ingin berbuat baik, tetapi tidak mengerti konsekuensi dari banyak tindakannya menyebabkan banyak masalah," kata Bower.

Pada Juni, media melaporkan, Charles telah terlibat dalam pertengkaran dengan pemerintah mengenai kebijakan mengirim pencari suaka ke Rwanda. Charles menyebut kebijakan itu sangat mengerikan.

"Jika dia tidak terlalu berhati-hati, mereka yang tidak setuju dengan intervensi politiknya yang provokatif juga dapat menyimpulkan monarki konstitusional Inggris tidak lagi layak dipertahankan," kata Daily Mail dalam editorialnya.

Charles sangat peduli dengan lingkungan dan kerap melakukan kampanye tentang krisis perubahan iklim. Pada konferensi COP26 Perserikatan Bangsa-Bangsa di Inggris pada 2021, Presiden AS Joe Biden memuji kepemimpinan Charles dan upaya dia dalam mengatasi krisis iklim. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement