Sabtu 10 Sep 2022 08:05 WIB

Reaksi Pemimpin Dunia Atas Mangkatnya Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II dipuji dan dikagumi karena dedikasinya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
FOTO FILE: Ratu Elizabeth Inggris bereaksi ketika dia menghadiri resepsi di Ballroom Sandringham House yang merupakan kediaman Ratu Norfolk, dengan perwakilan dari kelompok masyarakat setempat untuk merayakan dimulainya Platinum Jubilee, di Sandringham, Inggris, 5 Februari 2022. Reaksi Pemimpin Dunia Atas Mangkatnya Ratu Elizabeth II
Foto:

Paus Fransiskus juga turut mengucapkan belangsungkawa atas kepergian Ratu Elizabeth. "Saya rela ikut berkabung bersama mereka yang berduka kehilangan Ratu, semoga tenang dalam keabadian," kata Paus.

"Dan memberikan penghormatan atas pengabdian selama hidupnya yang tanpa henti untuk kebaikan Bangsa dan Persemakmuran," tambahnya.

Sekretaris Jenderal Persemakmuran Patricia Scotland mengatakan Ratu Elizabeth mencintai persemakmuran dan persemakmuran mencintai ratu. Selama menjadi kepala negara ia berkunjung ke persemakmuran lebih banyak dari monarki sebelumnya.

"Pertumbuhan dan semangat persemakmuran modern adalah berkatnya dan bukti dedikasi, kebijaksanaan dan kepemimpinannya," kata Scotland.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan Ratu Elizabeth akan dikenang atas kepemimpinannya. Elizabeth, katanya, personifikasi martabat dan kesopanan di kehidupan publik. Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif juga menyampaikan duka cinta.

"Sangat berduka atas meninggalnya Yang Mulai Ratu Elizabeth II. Pakistan ikut berduka atas kepergiannya bersama Inggris dan bangsa-bangsa Persemakmuran. Saya sampaikan duka cita yang mendalam pada keluarga kerajaan, rakyat dan pemerintah Inggris," katanya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan ia sedih mendengar pergiaan Ratu Elizabeth. Ia mengatakan Kanada akan selalu mengenang pengabdiannya sebagai bagian dari sejarah mereka. Presiden Ghana Nana Akufo-Addo mengatakan rakyat Ghana memiliki kenangan indah dari dua kunjungan Ratu Elizabeth.

"Kami mengingat persahabatan, keeleganan, gaya dan kegembiraan yang ia bawa untuk tampil selama tugasnya," kata Akufo-Addo.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement