Selasa 13 Sep 2022 11:44 WIB

Penembakan di Kanada Renggut Korban Jiwa

Petugas kepolisian lalu lintas ditembak dari jarak dekat sehingga tewas di tempat.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Petugas polisi berkumpul di lokasi penembakan di Mississauga, Ontario, Senin, 12 September 2022.
Foto: Arlyn McAdorey/The Canadian Press via AP
Petugas polisi berkumpul di lokasi penembakan di Mississauga, Ontario, Senin, 12 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Seorang petugas polisi Toronto dan satu warga lain tewas ditembak tersangka di dua daerah berbeda di Kanda, Senin (12/9/2022) waktu setempat. Pertama, tersangka menembak polisi di Mississauga kemudian tersangka melarikan diri ke Milton dan menembak tiga orang yang menewaskan satu orang.

Kepala kepolisian setempat, James Ramer mengatakan, petugas kepolisian Andrew Hong (48 tahun) dari unit lalu lintas polisi Toronto ditembak dari jarak dekat dan meninggal di tempat kejadian. "Ini adalah berita buruk bagi keluarganya dan untuk semua anggota Kepolisian Toronto dan seluruh komunitas kepolisian kami," kata Ramer seperti dikutip laman CNN, Selasa (13/9/2022). 

Baca Juga

Hong meninggalkan seorang istri dan dua anaknya. Dia telah bekerja di departemen itu selama 22 tahun. Polisi Regional Peel di Mississauga sebelumnya mengatakan mendapat panggilan ke lokasi penembakan yang terjadi di persimpangan Argentina Road dan Winston Churchill Boulevard pada siang hari. Di sana dikatakan dua orang telah ditembak.

"Korban yang dibawa ke rumah sakit memiliki 'luka yang mengubah hidup' dan berada di pusat trauma," kata Kepala Kepolisian Daerah Peel Nishan Duraiappah. Dia menyebut penembakan polisi itu sebagai penyergapan.

Setelah tersangka melarikan diri, tiga orang ditembak di Bronte Street South di daerah dekatnya, Milton. Satu orang dinyatakan tewas di tempat kejadian dan dua lainnya dibawa ke rumah sakit. Kondisi korban luka belum dilaporkan hingga berita ini dimuat CNN. "Kami percaya bahwa ini adalah tersangka yang sama yang terlibat dalam penembakan di sini di Mississauga," kata Duraiappah.

Tersangka mengenakan pakaian serba hitam dengan rompi konstruksi kuning. Menurut Kepolisian Daerah Halton tersangka telah ditahan. Kedua agen polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki hubungan antara dua insiden dan tetap meyakini keduanya terkait dengan orang yang sama.  Milton, Mississauga dan Hamilton tidak jauh di barat Toronto.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau merespon tentang penembakan di Ontario Senin malam. "Pikiran saya, dan pikiran banyak orang lain, bersama semua orang yang mengenal petugas polisi yang tewas dalam tugas di Mississauga hari ini," kata Trudeau melalui akun resmi Twitternya. “Kami juga memikirkan mereka yang terluka dalam penembakan hari ini – kami berharap Anda pulih sepenuhnya." 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement