Jumat 28 Oct 2022 08:19 WIB

Pemimpin Tertinggi Iran akan Balas Dendam Atas Serangan di Masjid Syiah

Khamenei mengatakan para penyerang pasti akan menerima hukuman yang setimpal.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Sebuah lubang peluru terlihat di pecahan kaca kuil Shah Cheragh di selatan kota Shiraz, Iran, Rabu, 26 Oktober 2022. Orang-orang bersenjata menyerang tempat suci utama Syiah di Iran pada Rabu, menewaskan sedikitnya 15 orang dan melukai puluhan. Serangan itu terjadi ketika pengunjuk rasa di tempat lain di Iran menandai 40 hari simbolis sejak kematian seorang wanita dalam tahanan memicu gerakan anti-pemerintah terbesar dalam lebih dari satu dekade.
Foto:

Rekaman CCTV yang disiarkan televisi pemerintah pada Kamis (27/10/2022) menunjukkan penyerang memasuki masjid setelah menyembunyikan senapan serbu di dalam tas. Pelaku mulai menembak ketika para jamaah mencoba melarikan diri dan bersembunyi di koridor.

ISIS yang pernah menjadi ancaman keamanan di Timur Tengah, telah mengklaim kekerasan sebelumnya di Iran. Salah satunya serangan kembar mematikan pada 2017 yang menargetkan parlemen dan makam pendiri Republik Islam, Ayatollah Ruhollah Khomeini.  

Iran sering menuduh Barat dan saingan regionalnya Israel dan Arab Saudi menjadi provokator untuk mengobarkan serangan.  Arab Saudi menyangkal tuduhan tersebut, dan Israel biasanya menolak untuk berkomentar. 

Serangan terhadap peziarah Syiah pada Rabu (26/10/2022) terjadi pada hari yang sama ketika pasukan keamanan Iran bentrok dengan pengunjuk rasa yang  menandai 40 hari sejak kematian Amini.

Kelompok hak asasi manusia Kurdi Hengaw mengatakan pasukan keamanan menewaskan sedikitnya lima orang selama protes pada Kamis di Kota Mahabad, yang merupakan tempat tinggal orang Kurdi. Tiga tewas di Kota Mahabad dan dua lainnya di Kota Baneh.

Televisi pemerintah mengkonfirmasi kematian tiga orang di Mahabad. Mereka tewas setelah pengunjuk rasa berusaha menduduki pusat pemerintah dan keamanan. Televisi pemerintah menunjukkan rekaman video gedung terbakar. Secara terpisah, media pemerintah mengatakan, dua anggota milisi Basij tewas dalam serangan di Kota Amol, yang telah menjadi sarang protes.  Kantor berita Tasnim mengatakan seorang anggota elit Pengawal Revolusi telah dibunuh di Teheran oleh pengunjuk rasa menggunakan granat tangan.

 

Kantor berita aktivis HRANA mengatakan, setidaknya 252 pengunjuk rasa telah tewas dalam kerusuhan, termasuk 36 anak di bawah umur. Sementara lebih dari 13.800 orang telah ditangkap dalam protes di 122 kota besar dan kecil, serta sekitar 109 universitas.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement