Kamis 03 Nov 2022 16:55 WIB

Batasi Pemanasan Global 1,5 Derajat Celsius Jadi Target COP27

Suhu bumi akan meningkat 2,1 hingga 2,9 derajat celsius pada akhir abad ini.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Lahan persawahan yang sudah ditanami padi, Kulonprogo, Yogyakarta, Senin (31/10/2022). Membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat celcius akan menjadi agenda prioritas dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB atau United Nations Climate Change Conference (COP27).
Foto:

Meskipun ada beberapa kemajuan pada tahun lalu, negara-negara perlu berbuat lebih banyak pada 2030 guna memastikan kenaikan suhu global di bawah 2 derajat celcius dan idealnya mendekati 1,5 derajat celcius. Angka tersebut turut ditetapkan dalam Perjanjian Iklim Paris yang diadopsi pada 2015.

Ilmuwan-ilmuwan iklim memperkirakan, emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh manusia perlu dikurangi setengahnya pada akhir dekade ini. Sementara separuh lainnya harus dilenyapkan pada pertengahan abad guna menjaga pemanasan di bawah 2 derajat celcius pada 2100.

Jika suhu bumi memanas melampaui ambang batas tersebut, bencana besar akan timbul. Menurut United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change, pemanasan 1,1 derajat celcius hari ini di atas masa pra-industri telah mengakibatkan perubahan yang tidak dapat diubah.

Peristiwa cuaca ekstrem telah membuat jutaan orang rentan terhadap kerawanan pangan dan malnutrisi. Kematian terkait panas telah meningkat. Pun demikian dengan migrasi akibat iklim.

Menurut UNFCCC, jika semua rencana untuk mengurangi emisi gas rumah kaca terpenuhi, emisi global akan mencapai 52,4 miliar metrik ton, setara karbon dioksida pada 2030. Jumlah itu turun 0,3 persen dari tingkat 2019. Itu menunjukkan bahwa emisi dapat mencapai puncaknya sebelum akhir dekade ini.

 

Tahun lalu UNFCCC memperkirakan emisi akan terus meningkat dan mencapai 54,9 miliar metrik ton pada 2030. UNFCCC menilai, para penandatangan Perjanjian Iklim Paris memang meningkatkan ambisi mereka, tetapi tidak cukup cepat. Bahkan jika semua janji negara dipenuhi, masih akan ada kelebihan 16 miliar metrik ton karbon dioksida di atas ambang batas yang diperlukan untuk menjaga pemanasan global pada 2 derajat celcius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement