Senin 19 Dec 2022 07:10 WIB

Mesir Temukan Ladang Gas Besar di Mediterania Timur

Ukuran sumur baru itu adalah 3,5 triliun kaki kubik gas.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi sumur gas. Mesir telah menemukan ladang gas besar di blok Nargis di Mediterania timur.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ilustrasi sumur gas. Mesir telah menemukan ladang gas besar di blok Nargis di Mediterania timur.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Mesir telah menemukan ladang gas besar di blok Nargis di Mediterania timur. Menteri Perminyakan Mesir Tarek El Molla menyatakan, evaluasi masih berlangsung untuk menentukan cadangan lapangan.

"Kedaulatan kami atas kekayaan kami tidak dapat dipisahkan, dan kami telah menemukan penemuan besar yang jumlahnya belum ditentukan, tetapi akan diumumkan. Volume produksinya bagus, dan hak serta bagian negara dijamin bersama dengan mitra asing," ujar El Molla dikutip dari Egypt Independent.

Baca Juga

Nargis adalah salah satu dari empat blok eksplorasi lepas pantai. Menurut situs perusahan Chevron, perusahan ini memegang kepentingan operasi di Mesir bersama dengan Tharwa Petroleum Co.

Pengumuman El Molla itu merupakan tanggapan terhadap sejumlah permintaan pengarahan selama pertemuan dengan Komite Energi Dewan Perwakilan Rakyat pada pekan lalu. Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa rencana Menteri Perminyakan untuk tahun anggaran depan meliputi 118 sumur eksplorasi, sebagian untuk produksi cepat, termasuk lapangan Nargis.

Survei Ekonomi Timur Tengah melaporkan bulan ini, bahwa ukuran sumur baru itu adalah 3,5 triliun kaki kubik gas. Namun, pejabat Mesir telah menolak untuk mengkonfirmasi rincian temuan tersebut.

Penemuan ini dapat memberikan dorongan bagi upaya Mesir untuk memposisikan dirinya sebagai pusat energi di Mediterania timur. Proyeksi ini terlihat saat penemuan ladang gas raksasa Zohr oleh Eni pada 2015.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement