Sabtu 24 Dec 2022 05:29 WIB

Korut Kecam Laporan Media Jepang Tentang Pasokan Senjata ke Rusia

Media Jepang Kyodo sebut Korut menjual senjata kepada kelompok tentara bayaran Rusia

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Media Jepang Kyodo sebut Korut menjual senjata kepada kelompok tentara bayaran Rusia. Ilustrasi.
Foto: AP/AP
Media Jepang Kyodo sebut Korut menjual senjata kepada kelompok tentara bayaran Rusia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Korea Utara (Kemlu Korut) mengecam pemberitaan media Jepang yang mengatakan bahwa Pyongyang telah memasok senjata ke Rusia. Menurut seorang juru bicara Kemlu Korut dalam sebuah keterangan di laman kementerian itu, media Jepang telah membuat laporan palsu dan pengalih perhatian paling absurd.

Kemlu Korut mengatakan transaksi senjata itu tidak pernah terjadi. Disebutkan dalam keterangan itu bahwa komunitas internasional harus fokus pada tindak kejahatan Amerika Serikat yang memasok Ukraina dengan berbagai senjata mematikan ketimbang mendengarkan rumor transaksi senjata antara Korut dan Rusia.

Baca Juga

"Pada kesempatan ini saya ingin katakan bahwa orang-orang Rusia adalah orang-orang paling berani dengan kemauan dan kemampuan membela keamanan dan integritas teritorial negara mereka tanpa dukungan militer dari pihak lain," kata juru bicara itu.

Sebelumnya, kantor berita Jepang Kyodo yang mengutip pejabat AS melaporkan Korut pada November menjual senjata kepada kelompok tentara bayaran Rusia yang terlibat dalam invasi ke Ukraina. Washington telah mengonfirmasi bahwa Korut mengirimkan roket dan rudal infanteri ke Rusia untuk digunakan oleh Grup Wagner, kata Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement