Senin 02 Jan 2023 21:22 WIB

Korsel dan AS Rencanakan Latihan Pencegahan Nuklir Bersama

Kim Jong-un menyerukan untuk mengembangkan rudal balististik antarbenua yang baru.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Dalam foto yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan ini, pesawat pengebom B-52 A.S., C-17 dan F-22 Angkatan Udara A.S. terbang di atas Semenanjung Korea selama latihan udara bersama di Korea Selatan, Selasa, 20 Desember 2022. Amerika Serikat menerbangkan pesawat pengebom berkemampuan nuklir dan jet siluman canggih untuk unjuk kekuatan melawan Korea Utara pada hari Selasa, ketika saudara perempuan kuat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mencemooh keraguannya. militer negara dan mengancam uji coba rudal balistik antarbenua jarak penuh.
Foto:

Seorang peneliti senior di Korea Institute for National Unification, Hong Min, mengatakan tahun ini bisa menjadi "tahun krisis" dengan ketegangan militer di Semenanjung Korea. Ketegangan ini melampaui krisis pada 2017, ketika Pyongyang pertama kali melakukan uji coba ICBM dan melakukan uji coba nuklir keenam.

 "Sikap garis keras Korea Utara dan pengembangan senjata agresif, di tengah latihan bersama Korea Selatan-AS dan tanggapan proporsionalnya, dapat meningkatkan ketegangan dalam sekejap, dan kita tidak dapat mengesampingkan apa yang mirip dengan konflik regional ketika kedua belah pihak memiliki kesalahpahaman.  situasi," kata Hong.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement