Rabu 01 Feb 2023 21:18 WIB

Partai Republik akan Gulingkan Anggota Parlemen Muslimah AS Ilhan Omar

Upaya penggulingan ini dilakukan setelah Omar membuat komentar kritis terhadap Israel

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Ilhan Omar, anggota parlemen AS.
Foto: AP/J. Scott Applewhite
Ilhan Omar, anggota parlemen AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Struktur baru Partai Republik di parlemen AS, bersiap menggulingkan anggota parlemen kulit hitam kelahiran Afrika, yang juga Perwakilan dari Partai Demokrat, Ihan Omar, dari Komite Urusan Luar Negeri. Upaya ini dilakukan setelah Omar membuat komentar kritis terhadap Israel dan sebagai balasan setelah Demokrat menyingkirkan sayap kanan Republik dari susunan komite itu karena memanas-manasi dengan komentar keras.

Ketua DPR AS, Kevin McCarthy sangat ingin melenturkan kekuatan Republik untuk menyingkirkan perwakilan Demokrat Minnesota setelah dia memblokir dua perwakilan Demokrat lainnya, Rep. Adam Schiff dan Rep. Eric Swalwell. Keduanya berencana akan kembali untuk bergabung kembali dengan Komite Intelijen DPR setelah GOP atau Partai Republik mengambil kendali kamar di parlemen baru.

Baca Juga

Pemungutan suara dapat dilakukan pada hari Rabu (1/2/2023), untuk resolusi melawan Omar, seorang imigran Somalia dan anggota parlemen Muslim yang telah meminta maaf atas komentar yang menurutnya dia pahami dipandang sebagai antisemit.

“Ini tentang balas dendam. Ini tentang dendam. Ini tentang politik, ”kata Rep. James McGovern dari Massachusetts, dilansir dari Associated Press, Rabu (1/2/2023).

Sementara, Partai Demokrat masih di posisi teratas di Komite Peraturan, ketika Partai Republik mengadakan pertemuan tergesa-gesa Selasa malam untuk mempertimbangkan resolusi tersebut.

McGovern berargumen bahwa Partai Demokrat telah mencopot anggota DPR. Marjorie Taylor Greene, R-Ga., dan Anggota DPR Gosar, R-Ariz., karena pernyataan yang jauh lebih ekstrem dan kekerasan terhadap sesama anggota parlemen daripada yang dibuat dan dimintai maaf oleh Omar.

Resolusi terhadap Omar diusulkan oleh anggota DPR Max Miller, R-Ohio, yang juga mantan pejabat di pemerintahan Trump, ia mengatakan komentar Omar telah membawa aib ke DPR AS dan dia harus dikeluarkan dari Komite Urusan Luar Negeri.

McCarthy berusaha keras untuk memastikan dia mendapat cukup dukungan dari jajaran Republiknya untuk menggulingkan Omar. Partai Republik menguasai mayoritas tipis dan beberapa anggota parlemen dari partai republik, enggan terlibat dalam balas dendam apapun terhadap rekan kerja.

Tetapi para pemimpin Partai Republik bergerak maju pada Selasa malam, dengan resolusi terhadap Omar setelah beberapa ketidaksepakatan mengisyaratkan dukungan mereka. Tindakan terhadap Omar dimajukan setelah Republik George Santos yang diperangi mengumumkan Selasa pagi bahwa dia akan mundur dari tugas komitenya sendiri saat Komite Etika DPR menyelidiki tindakannya.

Anggota Partai Republik dari New York ini telah mengakui hiasan tentang pendidikannya, pengalaman kerja dan aspek lain dari kehidupan pribadi dan profesionalnya. Beberapa anggota partai Republikan berhati-hati dalam mengambil tindakan terhadap Omar, sementara mereka juga harus menjawab banyak pertanyaan yang muncul tentang Santos.

"Tidak ada pemungutan suara yang ditetapkan untuk resolusi terhadap Omar, tetapi itu bisa dilakukan paling cepat Rabu," kata para pembantunya.

Partai Republik mengatakan mereka menunggu Demokrat untuk secara resmi mencalonkan Omar ke Komite Urusan Luar Negeri, di mana dia bertugas di Kongres terakhir. Setelah daftar komite disetujui oleh seluruh DPR, Partai Republik akan mencopot kursinya.

Dengan mayoritasnya yang tipis, McCarthy mengakui di awal minggu bahwa ketidakhadiran anggota parlemen berdampak pada kemampuannya untuk menjadwalkan pemungutan suara. Omar mengatakan kepada CNN dalam sebuah wawancara hari Ahad bahwa tindakan melawannya bermotivasi politik.

“Ini dimotivasi oleh fakta bahwa banyak dari anggota parlemen ini tidak percaya seorang Muslim, seorang pengungsi, seorang Afrika bahkan harus berada di Kongres, apalagi memiliki kesempatan untuk bertugas di Komite Urusan Luar Negeri,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement