Sabtu 04 Feb 2023 02:15 WIB

Israel dan Sudan Normalisasi Hubungan

Sudan mulai mengakui Israel usai perundingan yang difasilitasi AS pada 2020.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Seorang pria berjalan dengan bendera Israel di kamp konsentrasi Auschwitz Nazi setelah peringatan tahunan March of the Living.  Israel dan Sudan memfinalisasi kesepakatan untuk menormalisasi hubungan.
Foto:

Cohen dan penguasa Sudan saat ini ketua Dewan Kedaulatan  Jenderal Abdel Fattah al-Burhan membahas untuk memperdalam kerja sama di bidang keamanan dan militer serta pertanian, energi, kesehatan, perairan dan pendidikan.

Militer Sudan berkuasa di negara itu sejak kudeta Oktober 2021 lalu tapi mengatakan akan menyerahkan kekuasaan ke pemerintah sipil. Pemerintah militer yakni Dewan Kedaulatan membawa Sudan menuju normalisasi hubungan dengan Israel.

Kelompok sipil lebih berhati-hati dan sebelumnya mengatakan setiap kesepakatan harus diratifikasi parlemen transisi yang belum dibentuk. Kantor berita Sudan, SUNA melaporkan wakil Burhan, Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo tidak mengetahui kunjungan Cohen dan tidak bertemu delegasi Israel.

Mantan menteri kehakiman Nasredeen Abdulbari menandatangani Perjanjian Ibrahim dalam kunjungan Menteri Keuangan A  Steven Mnuchin pada Januari 2021 lalu. Cohen yang saat itu menteri intelijen membuat terobosan dengan berkunjung ke Sudan yang merupakan negara mayoritas muslim.

Sepulangnya dari Pakistan pada Kamis (2/2/2023) kemarin Cohen mengatakan orang Israel mengenang Khartoum sebagai kota tuan rumah pertemuan Liga Arab tahun 1967. Dalam pertemuan itu Liga Arab mendeklarasikan "tiga tidak" pada resolusi Israel, tidak mengakuinya, tidak menginginkan perdamain dan tidak ingin negosiasi.

"(Sekarang) kami membangun realitas baru dengan rakyat Sudan, yang maka 'tiga tidak' menjadi 'tiga ya', ya pada negosiasi antara Israel dan Sudan, ya mengakui Israel dan ya pada perdamaian antara negara dan masyarakat," katanya.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement