Ahad 05 Feb 2023 11:49 WIB

UAE Terus Lakukan Upaya Mediasi Rusia-Ukraina

Mediasi Rusia dan Ukraina adalah kelanjutan dari upaya UAE perkuat perdamaian.

Foto udara gedung apartemen yang dihantam roket Rusia di Kramatorsk, Ukraina,  Kamis (2/2/2023).
Foto: AP Photo/Yevgen Honcharenko
Foto udara gedung apartemen yang dihantam roket Rusia di Kramatorsk, Ukraina, Kamis (2/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Uni Emirat Arab (UAE) sedang melakukan upaya mediasi antara Moskow dan Kiev untuk mengurangi ketegangan dan memperkuat perdamaian dan keamanan global. Hal itu disampaikan seorang diplomat senior di Abu Dhabi kepada Sputnik.

"Mediasi antara Rusia dan Ukraina adalah kelanjutan dari upaya UAE memperkuat dasar perdamaian dan keamanan global, mengurangi ketegangan dan menemukan penyelesaian diplomatik untuk krisis," kata sang diplomat.

Baca Juga

Ia mengungkapkan, langkah UAE itu saat mengomentari pertukaran tawanan perang baru-baru ini antara Rusia dan Ukraina. Mediasi antara Moskow dan Kiev tersebut, kata dia, diupayakan berdasarkan kesepakatan yang dicapai Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden UAE Mohamed bin Zayed Al Nahyan di St Petersburg pada Oktober tahun lalu.

Pada Sabtu (4/2/2023), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, ada 63 anggota militer Rusia yang sudah pulang dari wilayah yang dikontrol Ukraina sebagai hasil proses negosiasi yang rumit. Kemenhan Rusia menambahkan, pertukaran itu telah berhasil dilakukan berkat upaya mediasi UAE.

Selama berbulan-bulan, UAE menyatakan kesediaan memfasilitasi pertukaran tawanan perang antara kedua negara. Pada Oktober, juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, mengatakan, Moskow tertarik melanjutkan upaya mediasi Abu Dhabi menyangkut masalah itu.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement