Ahad 05 Feb 2023 12:24 WIB

China Kecam Aksi AS Tembak Jatuh Balon Udara Riset yang Dituduh Alat Mata-Mata

AS telah menembak jatuh balon udara yang diduga mata-mata China.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Friska Yolandha
 FILE - Bendera Amerika dan China berkibar di Taman Salju Genting menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022, 2 Februari 2022, di Zhangjiakou, China. Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah menunda  perjalanan diplomatik akhir pekan berisiko tinggi yang direncanakan ke China karena pemerintahan Biden mempertimbangkan tanggapan yang lebih luas terhadap penemuan balon China terbang tinggi di atas situs sensitif di Amerika Serikat bagian barat, kata seorang pejabat AS.
Foto: AP Photo/Kiichiro Sato, File
FILE - Bendera Amerika dan China berkibar di Taman Salju Genting menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022, 2 Februari 2022, di Zhangjiakou, China. Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah menunda perjalanan diplomatik akhir pekan berisiko tinggi yang direncanakan ke China karena pemerintahan Biden mempertimbangkan tanggapan yang lebih luas terhadap penemuan balon China terbang tinggi di atas situs sensitif di Amerika Serikat bagian barat, kata seorang pejabat AS.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Beijing pada Ahad (5/2/2023) mengecam keputusan Pentagon menembak jatuh balon udara yang diklaim China sebagai alat riset saat terbang di wilayah udara Amerika Utara, dengan menuduh sebagai balon mata-mata. Menurut China, aksi AS tersebut sangat berlebihan dan secara serius melanggar praktik internasional.

"China mengungkapkan ketidakpuasan dan protes yang kuat terhadap penggunaan kekuatan oleh AS untuk menyerang pesawat sipil tak berawak," kata Kementerian Luar Negeri Beijing dalam sebuah pernyataan. Pihaknya juga menambahkan, China berhak melakukan tanggapan lebih lanjut yang diperlukan atas aksi pesawat AS ke balon udara milik China tersebut.

Baca Juga

Balon udara itu menghabiskan beberapa hari terbang di atas kawasan udara Amerika Utara, yang pada akhirnya meningkatkan ketegangan antara Washington dan Beijing. Kemudian balon tersebut dijatuhkan oleh tembakan rudal dari jet F-22 pada Sabtu, sebagaimana dilaporkan pejabat keamanan AS di Pentagon.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyebut, operasi itu sebagai "tindakan yang disengaja dan sah" yang dilakukan sebagai tanggapan atas "pelanggaran kedaulatan yang tidak dapat diterima" oleh China. Pejabat Amerika pertama kali mengatakan pada Kamis, mereka melacak objek yang diduga balon pengintai dari China yang muncul di langit AS.

Hal itu menyebabkan Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Jumat membatalkan perjalanannya ke Beijing. Padahal kunjungan itu dirancang untuk menurunkan eskalasi ketegangan antara AS dan China.

Setelah keraguan awal, Beijing akhirnya mengakui kepemilikan "balon" tersebut, tetapi mengatakan itu digunakan untuk penelitian cuaca yang telah diterbangkan. Kementerian Luar Negeri China, Ahad mengatakan "dengan jelas meminta agar AS menangani masalah ini dengan baik dengan cara yang tenang, profesional, dan terkendali".

Beijing mengatakan, jika AS bersikeras menggunakan kekuatan, jelas itu reaksi berlebihan dan secara serius melanggar praktik internasional. "China akan dengan tegas melindungi hak dan kepentingan yang sah dari perusahaan terkait dan berhak melakukan tanggapan lebih lanjut yang diperlukan," kata Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataannya.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement