Sabtu 11 Feb 2023 16:44 WIB

PM Jepang Fumio Kishida Jalani Operasi Sinus

Fumio Kishida alami sinusitis kronis sejak tahun lalu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nora Azizah
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menjalani operasi sinus di sebuah rumah sakit di Tokyo pada Sabtu (11/2/2023).
Foto: AP Photo/Eugene Hoshiko
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menjalani operasi sinus di sebuah rumah sakit di Tokyo pada Sabtu (11/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menjalani operasi sinus di sebuah rumah sakit di Tokyo pada Sabtu (11/2/2023), melansir AP. Operasi ini bertujuan untuk mengobati sinusitis kronis yang menyebabkan hidungnya tersumbat sejak tahun lalu.

Kishida, yang mengenakan setelan jas seeta dikawal petugas keamanan dan ajudan, terlihat memasuki rumah sakit pada Sabtu pagi. Dia mengalami hidung tersumbat sejak tahun lalu dan didiagnosis menderita sinusitis kronis dengan polip.

Baca Juga

Kishida telah menerima perawatan dengan obat-obatan. Tetapi dia memutuskan untuk menjalani operasi agar kondisi tubuhnya sehat dan prima.

Media lokal telah menyinggung hidung tersumbat Kishida, termasuk spekulasi bahwa itu adalah efek samping dari Covid-19, yang ia derita musim panas lalu.

Kishida akan menjalani operasi dengan anestesi umum. Selama menjalani perawatan di rumah sakit, Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno akan mengambil peran kepemimpinan untuk sementara sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Kabinet Jepang.

Kishida diharapkan pulang pada Sabtu malam dan kembali bekerja pada Senin (13/2/2023). Matsuno mengatakan, Kishida perlu mengunjungi rumah sakit beberapa kali untuk pemeriksaan dan perawatan pasca operasi.

Kishida mulai menjabat pada Oktober 2021 dan telah menerapkan perubahan drastis pada kebijakan keamanan dan energi Jepang.  Pada Desember, pemerintahan Kishida mengadopsi strategi keamanan dan pertahanan baru untuk meningkatkan kemampuan serangan balik Jepang yang bertentangan dengan prinsip pertahanan diri pascaperang.

Pada Jumat (10/2/2023) Kabinet Kishida menyetujui kebijakan untuk memaksimalkan penggunaan tenaga nuklir sebagai energi hijau. Langkah ini membalikkan rencana penghentian nuklir pasca-Fukushima di Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement