Selasa 14 Feb 2023 14:04 WIB

Ini Kronologi Penembakan di Michigan State University

Tembakan dilepaskan di dua lokasi Michigan State University

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Sedikitnya tiga orang tewas dan lima lainnya cedera setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke Michigan State University (MSU) pada Senin (13/2/2023) malam.
Foto: Pixabay
Sedikitnya tiga orang tewas dan lima lainnya cedera setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke Michigan State University (MSU) pada Senin (13/2/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Sedikitnya tiga orang tewas dan lima lainnya cedera setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke Michigan State University (MSU) pada Senin (13/2/2023) malam. Penegak hukum menyerbu kampus utama di East Lansing untuk mencari satu-satunya tersangka penembakan.

Wakil Kepala Polisi Universitas, Chris Rozman mengatakan, tembakan dilepaskan di dua lokasi, yaitu di sebuah gedung akademik bernama Berkey Hall dan gedung Michigan State University Union. Polisi menanggapi penembakan  yang dimulai tak lama setelah pukul 20.00 waktu setempat.

"Polisi menemukan korban di kedua lokasi," kata Rozman.

Rozman mengonfirmasi setidaknya lima korban dibawa ke rumah sakit, beberapa di antaranya dengan luka yang mengancam jiwa. Beberapa jam setelah tembakan pertama meletus, beberapa gedung kampus telah dibersihkan dan diamankan oleh polisi yang menyisir kampus untuk mencari pelaku dan kemungkinan korban tambahan.

Mahasiswa, fakultas, dan penduduk di sekitar lingkungan luar kampus di East Lansing di minta untuk berlindung, sementara perburuan terus berlanjut. Rozman mengatakan, pelaku digambarkan sebagai laki-laki yang mengenakan masker. Pelaku melarikan diri dari gedung MSU Union dengan berjalan kaki.

MSU adalah lembaga pendidikan tinggi publik utama dengan 50.000 mahasiswa pascasarjana dan sarjana. Polisi universitas mengatakan, semua kelas dan kegiatan kampus akan dibatalkan selama 48 jam ke depan.

Kekerasan pada Senin malam terjadi kira-kira 14 bulan setelah penembakan massal yang mematikan terjadi di Oxford High School di Oakland County, Michigan, sekitar 80 mil sebelah timur East Lansing pada 30 November 2021. Ketika itu, seorang siswa berusia 15 tahun melepaskan tembakan dengan pistol semi otomatis.

Empat teman sekelas tewas dan enam siswa lainnya serta seorang guru terluka dalam serangan itu. Ini adalah penembakan sekolah paling mematikan di AS tahun itu.

Ketika itu pihak berwenang menyatakan, tersangka yang masih remaja mengaku tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan. Dia menggunakan senjata yang dibelikan orang tuanya sebagai hadiah Natal. Ada tanda-tanda bahwa pelaku terganggu secara emosional. Kedua orang tua pelaku didakwa dengan pembunuhan tidak disengaja dalam kasus tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement