Jumat 17 Feb 2023 12:27 WIB

PBB Luncurkan Seruan Bantuan 1 Miliar Dolar AS untuk Bantuan Korban Gempa Turki

Turki adalah rumah bagi jumlah pengungsi terbesar di dunia.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Gempa berkekuatan terjadi M 7,4 di selatan Turki, tepatnya di Kahramanmaras, Gaziantep, Osmaniye, Senin (6/2/2023).
Foto: Dok. Dompet Dhuafa
Gempa berkekuatan terjadi M 7,4 di selatan Turki, tepatnya di Kahramanmaras, Gaziantep, Osmaniye, Senin (6/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meluncurkan seruan bantuan 1 miliar dolar AS pada Kamis (16/2/2023), untuk membantu 5,2 juta orang yang selamat dari gempa paling dahsyat dalam sejarah modern Turki. Seruan ini setelah dua hari PBB memulai seruan bantuan 397 juta dolar AS untuk membantu hampir 5 juta warga Suriah yang melintasi perbatasan di wilayah pemberontak, di kawasan Barat laut.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric dihujani pertanyaan tentang mengapa seruan untuk Turki hanya ditargetkan pada 5,2 juta orang padahal menurut PBB dan pemerintah lebih dari 15 juta orang terpengaruh. Dia juga ditanya mengapa seruan untuk Turki 2,5 kali lebih besar daripada seruan untuk Suriah untuk membantu jumlah orang yang hampir sama.

Baca Juga

Dia mengatakan seruan bantuan untuk Turki dirancang dalam kerja sama yang sangat erat dengan pemerintah Turki, yang memimpin upaya bantuan. “Ini adalah angka yang mereka berikan untuk fokus pada orang-orang yang paling membutuhkan bantuan kemanusiaan, paling cepat, dan di mana PBB bisa menjadi paling efektif,” kata Dujarric.

Dia mengatakan Turki memiliki sistem pencarian dan penyelamatan dan kemanusiaan yang sangat efisien. Adapun perbedaan jumlah permohonan, katanya, sebagian alasannya adalah bahwa sudah ada komunitas kemanusiaan yang telah bekerja mapan di Suriah, dan sebelum gempa ada permohonan kemanusiaan 4,8 miliar dolar AS untuk Suriah pada tahun 2023.

“Jadi sudah ada dana kemanusiaan yang ada untuk Suriah, yang tidak ada untuk Turki,” katanya.

Kedua permohonan tersebut adalah dana darurat untuk tiga bulan ke depan, dan akan diikuti oleh permohonan baru untuk bantuan jangka panjang.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengumumkan permohonan  bantuan senilai 1 miliar dolar AS untuk Turki, dengan mengatakan uang itu akan memungkinkan kelompok-kelompok bantuan dengan cepat meningkatkan dukungan untuk upaya bantuan yang dipimpin pemerintah Turki. Termasuk menyediakan makanan, perlindungan, pendidikan, air, dan tempat tinggal bagi para penyintas gempa berkekuatan 7,8 SR.

Pada 6 Februari 2023 lalu gempa dahsyat menghancurkan Turki tenggara dan Suriah barat laut. “Kebutuhannya sangat besar, orang-orang menderita dan tidak ada waktu untuk disia-siakan,” kata Guterres. 

"Saya mendesak masyarakat internasional untuk meningkatkan dan mendanai sepenuhnya upaya kritis ini sebagai tanggapan atas salah satu bencana alam terbesar di zaman kita," tambahnya.

Guterres mengatakan bahwa Turki adalah rumah bagi jumlah pengungsi terbesar di dunia dan telah menunjukkan kemurahan hati yang luar biasa kepada tetangga Suriahnya selama bertahun-tahun, jadi inilah saatnya bagi dunia untuk mendukung rakyat Turki. Lebih dari 1,74 juta pengungsi tinggal di 11 provinsi Turki yang terkena dampak gempa bumi, menurut badan pengungsi PBB.

Kepala kemanusiaan PBB Martin Griffiths, yang mengunjungi kedua negara yang dilanda gempa minggu lalu, mengatakan “Rakyat Turki mengalami sakit hati yang tak terkatakan.”

Gempa terjadi pada puncak musim dingin, menyebabkan ratusan ribu orang, termasuk anak kecil dan orang tua, tanpa akses ke tempat berlindung, makanan, air, pemanas, dan perawatan medis dalam suhu yang sangat dingin. Kantor Kemanusiaan PBB melaporkan sekitar 47 ribu bangunan telah hancur atau rusak.

“Kita harus berdiri bersama mereka di saat-saat tergelap mereka dan memastikan mereka menerima dukungan yang mereka butuhkan,” kata Griffiths.

PBB telah dikritik karena respon yang lambat dalam mendapatkan bantuan dan alat berat ke barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak sejak gempa terjadi 10 hari lalu.

Pada hari Senin, setelah kunjungan Griffiths ke Damaskus, Guterres mengumumkan bahwa pemimpin Suriah Bashar Assad telah setuju untuk membuka dua titik penyeberangan tambahan dari Turki ke barat laut — di Bab Al-Salam dan Al Raée — untuk periode awal tiga bulan.

PBB hanya diizinkan untuk mengirimkan bantuan ke wilayah barat laut Idlib melalui satu penyeberangan di Bab Al-Hawa, atas desakan sekutu Suriah, Rusia.

Dujarric, juru bicara PBB, mengatakan 22 truk dengan makanan dan bantuan lainnya melintasi Bab Al-Hawa pada Senin dan dua truk dengan tenda melintasi Bab Al-Salam pada Kamis. Belum ada konvoi yang memasuki barat laut dari Al Raée.

“Pada 14 Februari, menurut informasi terbaru yang kami terima, 8.900 bangunan telah hancur seluruhnya atau sebagian di barat laut Suriah, menyebabkan 11.000 orang kehilangan tempat tinggal,” kata Dujarric.

"Tempat berlindung adalah kebutuhan mendesak utama di Suriah, dengan makanan, bantuan uang tunai, dan perlengkapan untuk mengatasi cuaca musim dingin juga menjadi prioritas," ujarnya menambahkan.

Kebutuhan kemanusiaan global sudah 25 persen lebih tinggi tahun ini dibandingkan tahun lalu sebelum gempa bumi, dan Dujarric mengatakan PBB khawatir dengan bertambahnya jumlah orang yang membutuhkan bantuan. “Sistem kemanusiaan kita sudah mencapai batasnya. Banyak orang yang membutuhkan bantuan berada di daerah yang dilanda konflik dan dampak perubahan iklim, papar Dujarric.

Untuk PBB, katanya, sangat membuat frustrasi bahwa “begitu banyak dari masalah ini dapat diatasi sebelumnya " tetapi berurusan dengan "konsekuensi dari mengabaikan perubahan iklim, tidak melakukan upaya yang cukup untuk perdamaian, rekonsiliasi, ke dalam kohesi sosial ... tanah di depan pintu PBB."

Dujarric mengatakan PBB bekerja secepat mungkin dalam hukum internasional dan Piagam PBB, “yang terkadang memaksa PBB sebagai lawan dari lembaga bantuan lainnya untuk mempertimbangkan dan harus menghormati konteks politik.”

"Dan jika saya menerima bantuan, saya akan merasa tidak ada yang datang dengan cukup cepat," katanya.

“Karena itu, kami berharap negara-negara anggota menemukan solidaritas dan kemurahan hati yang dibutuhkan juga dari sektor publik dan swasta” untuk membantu korban gempa dan jutaan orang lainnya yang membutuhkan, kata Dujarric.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement