Kamis 06 Apr 2023 16:15 WIB

Polandia Siap Berikan Seluruh Jet MiG-29 Miliknya untuk Ukraina

Polandia sudah memesan jet FA-50 Korea Selatan dan jet siluman F-35 buatan AS

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, negaranya siap mengirim semua jet tempur MiG-29 miliknya ke Ukraina.
Foto: AP/Misha Japaridze, File
Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, negaranya siap mengirim semua jet tempur MiG-29 miliknya ke Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA – Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan, negaranya siap mengirim semua jet tempur MiG-29 miliknya ke Ukraina. Hal itu disampaikan setelah dia menerima kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Rabu (5/4/2023).

“Saya pikir di masa mendatang kami akan dapat menyerahkan seluruh armada MiG-29 kami yang tersisa ke Ukraina jika masih ada kebutuhan seperti itu,” kata Duda dalam konferensi pers bersama Zelensky.

Meski siap mengirimkan seluruh jet tempur MiG-29 miliknya, Duda menyebut langkah semacam itu akan membutuhkan persetujuan dari para anggota Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Sebab sisa MiG-29 milik Polandia sudah disesuaikan dengan standar NATO. “Kami masih membutuhkan beberapa,” ujar Duda seraya menambahkan bahwa Polandia bisa menyerahkan MiG-29 miliknya ke Ukraina karena sudah memesan jet FA-50 Korea Selatan dan jet siluman F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Polandia memesan 50 jet FA-50 dari Korea Selatan. Unit pertama diperkirakan akan diterima Warsawa sebelum akhir tahun ini. Sementara unit pertama dari F-35 diprediksi baru akan dikirim oleh AS pada tahun depan.

Terkait bantuan untuk Ukraina, bulan lalu Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan, negaranya dapat memberikan jet tempur MiG-29 kepada Kiev. “Itu bisa terjadi dalam empat sampai enam pekan mendatang,” kata Morawiecki ketika ditanya dalam konferensi pers tentang kapan Polandia bisa memasok jet tempur MiG-29 ke Ukraina, 14 Maret lalu.

Sementara itu Kepala Kantor Kepresidenan Polandia Pawel Szrot tak dapat memberikan perkiraan jumlah jet tempur yang mungkin dikirim negaranya ke Ukraina. Dia hanya menyebut jumlahnya tidak akan mencapai 14.

Polandia diketahui telah mengirim 14 tank Leopard buatan Jerman untuk Kiev. Warsawa menjadi negara paling aktif menyerukan sekutu Barat agar menyuplai persenjataan berat untuk Ukraina.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement