Selasa 11 Apr 2023 17:53 WIB

PM Polandia Bertolak ke AS untuk Perkuat Hubungan Pertahankan dan Ekonomi

Polandia membeli jet tempur F-35, tank Abrams, dan rudal patriot dari AS.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Selasa (11/4/2023) terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan pertahanan kedua negara. Morawiecki dijadwalkan bertemu dengan Wakil Presiden Kamala Harris di Gedung Putih untuk pembicaraan dukungan lebih lanjut bagi Ukraina.
Foto: EPA-EFE/RADEK PIETRUSZKA POLAND
Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Selasa (11/4/2023) terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan pertahanan kedua negara. Morawiecki dijadwalkan bertemu dengan Wakil Presiden Kamala Harris di Gedung Putih untuk pembicaraan dukungan lebih lanjut bagi Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Selasa (11/4/2023) terbang ke Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan pertahanan kedua negara. Morawiecki dijadwalkan bertemu dengan Wakil Presiden Kamala Harris di Gedung Putih untuk pembicaraan dukungan lebih lanjut bagi Ukraina. 

“Saya terbang ke Amerika Serikat untuk memperkuat aliansi dengan sekutu terkuat kami, dengan negara yang menjamin keamanan di Eropa, yang secara khusus menjamin keamanan di bagian Eropa kami,” kata Morawiecki.

Baca Juga

Menyusul invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina tahun lalu, Amerika Serikat meningkatkan kehadiran militernya di Polandia. Washington telah menggunakan Polandia sebagai negara transit untuk bantuan militer dan kemanusiaan yang masuk ke Ukraina. Polandia merupakan negara NATO di sisi timur yang berbatasan dengan Ukraina dan eksklaf Kaliningrad Rusia.

Polandia juga merupakan penyumbang bantuan utama ke Ukraina. Polandia telah memesan jet tempur, tank, dan peralatan militer modern lainnya dari produsen AS dan Korea Selatan untuk memperkuat pasukannya sendiri dan mengganti beberapa peralatan lama yang dikirim ke Ukraina.

Saat Eropa berupaya memperoleh kemandirian energi, Polandia juga berencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir. Polandia telah memilih pemerintah AS dan Westinghouse sebagai mitranya untuk membangun pembangkit nuklir pertama yang akan dibuka pada 2033.

Sebelum berangkat dari Warsawa pada Selasa pagi, Morawiecki mengatakan kepada wartawan bahwa hubungan Polandia-Amerika tidak begitu baik untuk waktu yang lama, dan mungkin tidak pernah begitu kuat. 

Morawiecki dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan perwakilan perusahaan pertahanan Amerika selama kunjungannya yang berlangsung tiga hari. Dia mengatakan pembicaraannya dengan industri pertahanan AS juga akan mencakup pembicaraan tentang pembiayaan miliaran dolar dari pembelian saat ini dan yang direncanakan. Polandia membeli jet tempur F-35, tank Abrams, sistem artileri HIMARS, dan unit peluncuran rudal Patriot.

Kunjungan Morawiecki mengikuti dua kunjungan ke Polandia oleh Presiden AS Joe Biden sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy juga melakukan kunjungan resmi ke Warsawa minggu lalu.

Morawiecki mengatakan, aliansi Polandia dengan AS adalah pondasi mutlak dari keamanan. Morawiecki mengatakan, perusahaan Amerika Serikat telah menginvestasikan sekitar 25 miliar dolar AS atau 23 miliar euro di Polandia, dan menciptakan ribuan lapangan kerja.

“Itu didasarkan pada dua pilar, kerja sama ekonomi dan pertahanan.  Saya akan ke AS untuk memperkuat kedua pilar ini,” kata Morawiecki.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement