Kamis 27 Apr 2023 18:36 WIB

Pejabat, Aktris, Penyanyi, Hingga Atlet Hadiri Makan Malam Kenegaraan di Gedung Putih

Makan malam kenegaraan dihadiri juga oleh Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Yoon Suk-yeol dari Republik Korea (kiri) dan Presiden AS Joe Biden (kanan) bersulang saat Makan Malam Kenegaraan yang diadakan di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, DC, AS, 26 April 2023.
Foto: EPA-EFE/Oliver Contreras / POOL
Presiden Yoon Suk-yeol dari Republik Korea (kiri) dan Presiden AS Joe Biden (kanan) bersulang saat Makan Malam Kenegaraan yang diadakan di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, DC, AS, 26 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Aktris Angelina Jolie, hingga atlet seluncur salju Olimpiade Chloe Kim akan menghadiri makan malam kenegaraan bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol pada Rabu (26/4/2023) di Gedung Putih. Maka malam kenegaraan ini digelar untuk memperingati 70 tahun hubungan aliansi Korea Selatan dan AS.

Penyanyi ternama Lea Salonga mengaku senang sekaligus terkejut dan gugup ketika dia diminta untuk mengisi acara di sela-sela acara makan malam kenegaraan. "Rasanya seperti berada di tengah dongeng," ujarnya.

Baca Juga

Sementara itu, Jolie tidak menjawab pertanyaan wartawan saat dia tiba dengan jaket Chanel vintage dan gaun krem. Jolie hadir bersama putranya Maddox yang berusia 21 tahun. Dalam pernyataan singkat, Maddox mengatakan, hal favoritnya tentang Seoul adalah orang-orangnya.

Segelintir politisi juga hadir dalam acara makan malam kenegaraan itu. Senator Mazie Hirono dengan bangga memamerkan gaun tradisional Korea Selatan, hanbok. Dia mengatakan penting untuk memamerkan keragaman budaya. 

Di antara hampir 200 tamu adalah Arthur Blank, salah satu pendiri Home Depot, penulis “Pachinko”, Min Jin Lee,  dan mantan atlet Major League Baseball Chan Ho Park hadir dalam acara makan malam kenegaraan. Selain itu, Senator Republik Mitt Romney dari Utah, gubernur Delaware, New Jersey dan Vermont juga hadir.

Para tamu memasuki Gedung Putih dengan berjalan-jalan di taman Jacqueline Kennedy di East Wing, Gedung Putih. Mereka diarahkan ke resepsi koktail sebelum makan malam di East Room. 

Sementara itu, Biden dan istrinya Jill menyambut Yoon dan istrinya Kim Keon-hee di karpet merah di tangga Serambi Utara.  Kim mengenakan jaket berwarna krem ​​​​dengan gaun warna senada. Sedangkan Jill Biden mengenakan gaun berwarna lembayung muda dari Reem Acra.

Presiden Biden mengatakan, kunjungan Yoon telah mendekatkan kedua negara. Sementara Yoon memuji hubungan persahabatan kedua negara.

“Ada pepatah lama yang berbunyi, Seorang teman yang baik seperti semanggi berdaun empat, sulit ditemukan dan beruntung untuk dimiliki,” kata Yoon.

Para tamu yang duduk di meja utama dengan presiden dan ibu negara antara lain Jolie dan putranya, keluarga Gaines, Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, dan Chloe Kim. Gedung Putih menggandeng koki selebritas Korea-Amerika Edward Lee untuk menyiapkan menu yang terinspirasi dari Korea.  Lee dikenal mahir dalam menyatukan hidangan Korea dan Amerika dalam satu sajian.

“Ini bukan makanan tradisional Korea tetapi hanya memberi Anda sedikit rasa Korea,” kata Lee.

Lee mempersiapkan makanan pembuka berupa crabcake yang didampingi dengan coleslaw. Lee membuat coleslaw menggunakan campuran kubis, kohlrabi, adas, dan mentimun dengan topping vinaigrette yang dibuat menggunakan gochujang, pasta cabai merah, dan semangkuk kecil sup labu kuning.  

Sementara hidangan utama, Lee memasak iga daging sapi rebus dengan wortel berlapis sorgum, yang disajikan di atas sesendok bubur jagung yang terbuat dari kacang mentega, dan bukan jagung kering. Untuk makanan penutup, Lee membuat versi dekonstruksi dari banana split, yang merupakan hidangan klasik Amerika. Dekonstruksi banana split inu menampilkan es krim, pisang karamel, buah beri segar, dan remah kue mint ginger snap yang ditaburi saus karamel dengan doenjang, atau pasta kedelai yang difermentasi.

Para tamu akan diantar ke State Dining Room di ujung lain State Floor setelah makan malam untuk dihibur oleh penampilan dari bintang Broadway Salonga, Norm Lewis dan Jessica Vosk. Lewis mengatakan, dia masih gugup tampil di acara-acara besar.

"Selalu gugup. Tapi tahukah Anda? Ini untuk tujuan yang baik dan saya sangat senang berada di sini," ujar Lewis.

Kunjungan kenegaraan, termasuk upacara kedatangan di South Lawn dan jamuan makan malam kenegaraan, adalah penghargaan diplomatik tertinggi yang diberikan AS kepada sekutu terdekatnya.  

Undangan pertama Biden untuk kunjungan kenegaraan yaitu pada 2022 lalu, ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron berkunjung ke Gedung Putih. Mereka bersulang dalam jamuan makan malam pada Desember lalu. 

Lebih dari 300 tamu undangan hadir di dalam paviliun yang didirikan di halaman selatan Gedung Putih. Paviliun itu dilengkapi dengan pemanas, karena makan malam kenegaraan digelar saat musim dingin.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement