Jumat 28 Apr 2023 22:40 WIB

China Protes Filipina Setelah Kapal Nyaris Tabrakan

China meminta Filipina hormati kedaulatan dan hak kepentingan di Laut China Selatan.

Kapal perang China.
Foto: AP/Mohammad Farooq
Kapal perang China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China mengajukan protes keras terhadap Filipina atas insiden yang menyebabkan kapal kedua negara nyaris bertabrakan di perairan Laut China Selatan. Beijing menyesalkan kejadian itu.

"China memprotes keras dan menyesalkan kejadian itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning di Beijing, Jumat.

Baca Juga

Dia mendesak Filipina menghormati kedaulatan dan hak serta kepentingan China di Laut China Selatan, serta meminta Manila berhenti melakukan tindakan yang dapat memperkeruh situasi.

Mao menuduh dua kapal Angkatan Laut Filipina menyusup ke perairan sekitar atol Renai pada 23 April tanpa mendapatkan izin dari otoritas China. Atol Renai merupakan bagian dari Kepulauan Nansha yang diklaim sebagai wilayah China.

"Salah satu dari kapal itu sengaja melakukan tindakan provokatif dengan mendekati kapal Angkatan Laut China," kata Maodalam pengarahan pers rutin.

Menurut dia, kapal China melakukan manuver secara terkendali untuk menghindari tabrakan dengan kapal Filipina. "Yang perlu saya tekankan bahwa penyusupan kapal Filipina yang membawa para jurnalis ke perairan atol Renai merupakan provokasi terencana yang sengaja untuk menciptakan gesekan dan menyalahkan pihak China," kata Mao.

Insiden ini terjadi sehari setelah Menteri Luar Negeri China Qin Gang bertemu Menlu Filipina Enrique Manalo di Manila pada 22 April.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement