Ahad 30 Apr 2023 02:15 WIB

Antena Radar Pesawat Luar Angkasa ke Jupiter Macet

Badan Antariksa Eropa menyatakan antena radar terbuka hanya sepertiga setela

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat ruang angkasa. ilustrasi
Foto: Samantha Cristoforetti/European Space Agency
Pesawat ruang angkasa. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL -- Sebuah antena dalam kondisi kritis karena macet di pesawat ruang angkasa menuju Jupiter yang diluncurkan dua minggu lalu. Badan Antariksa Eropa menyatakan pada Jumat (28/4/2023), antena radar sepanjang 16 meter di Juice terbuka hanya sepertiga setelah lepas landas.

Insinyur menduga pin kecil mungkin menonjol. Pengendali penerbangan di Jerman berencana untuk menyalakan mesin pesawat ruang angkasa dengan harapan melepaskan pin tersebut. Jika itu tidak berhasil, mereka mengaku masih punya banyak waktu untuk menyelesaikan masalah.

Baca Juga

Kapal luar angka Juice atau kepanjangan Jupiter Icy Moons Explorer tidak akan mencapai planet raksasa tersebut hingga 2031. Dibutuhkan jalur memutar untuk sampai ke sana, termasuk terbang lintas Bumi dan bulan, serta Venus dengan bantuan gravitasi.

Antena radar diperlukan untuk mengintip ke bawah kerak es tiga bulan Jupiter yang diduga menyimpan lautan bawah tanah dan mungkin kehidupan. Keberadaan itu merupakan tujuan utama dari misi senilai hampir 1,8 miliar dolar AS. Sasarannya termasuk Callisto, Europa, dan Ganymede, bulan terbesar di tata surya.

Badan antariksa mengatakan, semuanya berjalan baik dengan pesawat ruang angkasa, seukuran bus kecil. Antena radio, panel surya, dan boom setinggi 10,6 meter untuk mengukur medan magnet Jupiter semuanya telah berhasil digunakan.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement