Kamis 25 May 2023 19:01 WIB

Menteri Ekonomi Jerman Dikirim Bubuk Putih Mencurigakan

Polisi yakin bubuk itu hanya butiran pasir biasa

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck menerima sebuah amplop berisi bubuk warna putih.
Foto: AP
Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck menerima sebuah amplop berisi bubuk warna putih.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck menerima sebuah amplop berisi bubuk warna putih. Benda yang dikirimkan ke kantor konstituensi Habeck itu memicu operasi polisi skala besar.

Seorang juru bicara mengatakan dalam penyelidikan awal polisi yakin bubuk itu hanya butiran pasir biasa. Tapi pihak berwenang masih menunggu hasil penyelidikan penuh.

Baca Juga

Dalam pernyataannya Kamis (25/5/2023) polisi mengatakan pegawai kantor Habeck di Flensburg, dekat perbatasan dengan Denmark membawa amplop ke kantor polisi pada Rabu (24/5/2023) sore. Polisi kemudian memberitahu pemadam kebakaran.

Operasi polisi berlangsung selama dua jam. Pemadam kebakaran mengeluarkan zat itu dari dalam gedung dengan sebuah wadah.

Habeck merupakan menteri yang bertanggung jawab pada energi serta ekonomi. Ia juga menjabat sebagai wakil kanselir Jerman. Ia menjadi subjek kritikan kebijakan-kebijakan mitigasi krisis ekonomi akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Jajak pendapat menunjukkan beberapa pekan terakhir angka dukungan terhadapnya terus turun. Terutama setelah skandal nepotisme di kementeriannya dan pernyataannya yang mendukung agar sistem pemanas rumah yang lama disingkirkan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement