Senin 29 May 2023 21:50 WIB

Bagaimana Nasib Kilicdaroglu Setelah Kalah di Pilpres Turki?

Oposisi mencari sosok potensial seperti wali kota Ankara dan Istanbul.

Kemal Kilicdaroglu merupakan pimpinan oposisi utama Turki, yang memimpin  Republican Peoples Party (CHP). Dia ujung tombak Nation Alliance yang terdiri atas enam partai oposisi.
Foto:

Pendukung frustrasi 

Setelah kekalahan Kilicdaroglu, anggota dan pendukung oposisi frustrasi dan mempertimbangkan adanya perubahan kepemimpinan di pihak oposisi. 

‘’Hasilnya tak mengejutkan karena oposisi tak berubah selama 20 tahun menghadapi pemerintahan yang sama,’’ ujar Bugra Oztug (24), warga Istanbul memberikan suara Kilicdaroglu. Ia sedih dan kecewa tetapi tak putus harapan. 

Partai tempat Kilicdaroglu bernaung, CHP, pekan ini melakukan pembicaraan internal. Akif Hamzacebi, mantan wakil ketua fraksi CHP di parlemen, mengungkapkan, Kilicdaroglu tak meraih sukses karena strategi yang buruk. Perlu evaluasi. 

‘’Jika tak melakukan tindakan yang diperlukan, masa depan oposisi akan lebih buruk dibandingkan sekarang,’’ kata Hamzacebi di akun Twitternya. Kilicdaroglu lama didorong untuk mengambil alih kepemimpinan Erdogan. 

Aliansi oposisi memilih Kilicdaroglu menjadi capres pada Maret meski sejumlah anggota oposisi mengingatkan Kilicdaroglu bukan opsi terkuat merujuk jajak pendapat kala itu. 

Zeynep Alemdar, profesor hubungan internasional di Okan University, menyatakan, Kilicdaroglu merupakan pemimpin kolaboratif tetapi sekutunya tak banyak berkontribusi pada kesuksesannya. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement