Rabu 31 May 2023 15:40 WIB

Maskapai Selandia Baru Minta Penumpang Timbang Berat Badan Sebelum Naik Pesawat

Air New Zealand menimbang 10.000 penumpang untuk keperluan survei selama sebulan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Pramugari Air New Zealand (ilustrasi). Maskapai nasional Selandia Baru Air New Zealand meminta penumpang menimbang berat badan sebelum naik.
Foto: Dailymail
Pramugari Air New Zealand (ilustrasi). Maskapai nasional Selandia Baru Air New Zealand meminta penumpang menimbang berat badan sebelum naik.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Maskapai penerbangan nasional Selandia Baru meminta penumpang untuk melakukan penimbangan berat badan sebelum naik ke penerbangan internasional. Air New Zealand mengatakan, mereka ingin menimbang 10.000 penumpang untuk keperluan survei selama sebulan sehingga pilot dapat mengetahui berat dan keseimbangan pesawat sebelum lepas landas.

Maskapai mengatakan, survei dimulai pekan ini dan akan berlangsung hingga 2 Juli. Maskapai berkomitmen data penimbangan berat badan penumpang akan disimpan dan bersifat rahasia. Nama para penumpang maupun staf maskapai yang melakukan penimbangan akan dirahasiakan atau anonim.

Baca Juga

"Kami menimbang semua barang yang ada di pesawat, mulai dari kargo hingga makanan di dalam pesawat, hingga barang bawaan di bagasi," kata Alastair James, spesialis peningkatan kontrol muatan untuk maskapai tersebut, dalam sebuah pernyataan. 

"Untuk penumpang, awak, dan barang yang disimpan di kabin, kami menggunakan bobot rata-rata, yang kami peroleh dari melakukan survei ini," ujar James.

Angka tersebut diminta oleh pengawas industri nasional, Otoritas Penerbangan Sipil. Di bawah aturan otoritas, maskapai memiliki berbagai opsi untuk memperkirakan berat penumpang.  

Salah satu opsi adalah melakukan survei secara berkala seperti yang dilakukan Air New Zealand untuk menetapkan berat rata-rata. Pilihan lainnya adalah menerima bobot standar yang ditetapkan oleh otoritas.

Saat ini, berat badan yang ditetapkan otoritas untuk orang berusia 13 tahun ke atas adalah 86 kilogram (190 pon), termasuk barang bawaan. Otoritas terakhir kali mengubah berat rata-rata penumpang pada 2004 yaitu 77 kilogram (170 pon).

Survei kesehatan nasional terbaru menempatkan tingkat obesitas orang dewasa di Selandia Baru sebesar 34 persen, atau naik dari 31 persen pada 2022. Sementara, tingkat obesitas anak naik menjadi 13 persen, dari 10 persen pada tahun sebelumnya.

Pelanggan penerbangan domestik Air New Zealand diminta untuk menimbang beberapa tahun yang lalu. James mengatakan, penumpang tidak ada yang perlu takut dan khawatir ketika diminta untuk menimbang berat badan.

“Ini sederhana, sukarela, dan dengan menimbang, Anda akan membantu kami menerbangkan Anda dengan aman dan efisien, setiap saat,” kata James.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement