Kamis 01 Jun 2023 19:00 WIB

Korut Sebut AS Munafik karena Kritik Peluncuran Satelit Mata-Mata

Peluncuran satelit mata mata Korut mengalami kegagalan.

Puing satelit Korea Utara yang gagal meluncur
Foto: AP
Puing satelit Korea Utara yang gagal meluncur

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Saudari pemimpin Korea Utara mencela kemunafikan Amerika Serikat karena mengkritik peluncuran satelit mata-mata militer negaranya. Dia menegaskan peluncuran satelit militer yang tak berhasil itu, akan sukses pada waktunya nanti.

Kim Yo Jong, yang juga wakil direktur departemen Komite Pusat Partai Buruh Korea, menilai AS tidak berhak mempermasalahkan kedaulatan sebuah negara. "AS terang-terangan menyatakan permusuhannya kepada DPRK (Korea Utara) menyangkut peluncuran satelit intai militer Korea yang adalah haknya sebagai upaya membela diri," kata Kim seperti dilaporkan Kantor Berita Korea Utara, KCNA, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga

Pernyataan Kim itu disampaikan setelah sehari sebelumnya AS mengutuk peluncuran satelit mata-mata militer Korea Utara dan mendesak negara-negara lain agar mengutuk aksi itu. Kim kembali menolak berdialog dan sebaliknya meyatakan negaranya akan terus melawan.

"Kami tidak membutuhkan dialog dan tak merasa perlu berdialog dengan AS serta antek-anteknya yang sering sekali mengulang-ulang kata 'akhir rezim' dan 'menggulingkan sistem'," tambah dia.

Pada Rabu, Korea Utara meluncurkan roket Chollima-1 pembawa satelit militer itu, namun kemudian jatuh di bagian barat Laut Korea. Manuver itu dikecam AS, Korea Selatan, Jepang dan Australia yang menyebutnya melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

 

sumber : Antara/Anadolu
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement