Ahad 04 Jun 2023 12:38 WIB

Kerahkan Rudal dan Drone, Rusia Lancarkan Gelombang Serangan Udara ke Ibu Kota Ukraina

Ukraina menyebut sistem pertahanan udaranya berhasil mematahkan serangan udara Rusia.

Rep: Lintar Satria, Ferry Kisihandi/ Red: Reiny Dwinanda
Dampak serangan drone Rusia terhadap Kiev, Ukraina, 30 Mei 2023. Rusia kembali melancarkan serangan udara ke Ibu Kota Ukraina, Sabtu (3/6/2023).
Foto:

Usulan Zona Demiliterisasi

Indonesia mengusulkan rencana perdamaian untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina. Paling tidak, ada dua rencana penyelesaian yang disampaikan di forum pertemuan menteri pertahanan dunia, yaitu zona demiliterisasi dan referendum PBB di wilayah sengketa.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan rencana perdamaian di perhelatan Shangri-La Dialogue, Singapura, Sabtu (3/6/2023). Ia mendorong adanya gencatan senjata di antara kedua kubu yang bertikai.

Zona demiliterisasi juga ia anggap perlu dilakukan. Dalam praktiknya, pihak bertikai masing-masing mundur sejauh 15 km dari posisinya sekarang ini.

"Zona ini diobservasi dan dipantau pasukan penjaga perdamaian yang dikerahkan PBB," kata Prabowo.

Selanjutnya, PBB menyelenggarakan referendum untuk memperoleh suara objektif mayoritas yang memang ingin tetap di wilayah-wilayah yang saat ini masuk kategori sengketa.

"Saya mengusulkan, the Shangri-La dialogue menemukan mode, deklarasi yang mendorong baik Ukraina maupun Rusia segera melakukan negosiasi demi tercapainya perdamaian," kata Prabowo.

Pernyataan Menhan Prabowo disampaikan menyusul tahun kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow dan Kiev. Presiden menawarkan diri sebagai perantara terwujudnya perdamaian di antara pemimpin kedua negara bertikai serta mendorong pembicaraan damai.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement