Senin 05 Jun 2023 18:33 WIB

Pesawat F-16 AS Kejar Pesawat Cessna Setelah Pilot tidak Responsif

Pesawat Cessna tersebut jatuh di pegunungan Virginia, tidak ada yang selamat.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
F16 Fighting Falcon Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF)
Foto:

Seorang pejabat pemerintah AS mengatakan pesawat jet militer bukan penyebab kecelakaan. Dalam pernyataan FAA Pesawat Cessna itu lepas landas Elizabethton Municipal Airport di Elizabethton, Tennessee, menuju Bandara Long Island MacArthur di New York, sekitar 80 kilometer sebelah timur Manhattan.

FAA menambahkan Dewan Keamanan Transportasi Nasional akan menyelidiki kecelakaan tersebut. Berdasarkan data Flight Aware, pesawat itu sampai di daerah New York, kemudian berbelok hampir 180 derajat.

Kecelakaan yang melibatkan pilot tidak responsif pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 1999 atlet golf Payne Stewart tewas bersama empat orang lainnya dalam sebuah penerbangan setelah pilot dan penumpang tidak responsif. Pesawat akhirnya jatuh di South Dakota tanpa ada penyintas.

Dalam kasus Stewart, pesawat kehilangan tekanan kabin sehingga orang-orang di dalam pesawat pingsan karena kekurangan oksigen. Pada 2014 lalu sebuah pesawat kecil di jatuh di pinggir pantai sebelah timur Jamaika setelah pilot tidak responsif.

 

Warga yang mendengar ledakan sonik melaporkannya di media sosial Twitter. Mereka mengaku mendengar suara keras yang mengguncang lantai dan dinding. Sejumlah warga mengatakan mendengar suara itu jauh di sebelah utara Virginia dan Maryland.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement