Selasa 13 Jun 2023 20:23 WIB

Kaisar Jepang Naruhito akan Kunjungi Indonesia

Ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan Kaisar Naruhito ke Indonesia.

Kaisar Jepang Naruhito (kiri), didampingi oleh Permaisuri Masako (kanan). Kaisar Jepang Naruhito akan mengunjungi Indonesia pada 17-23 Juni 2023 .
Foto: EPA-EFE/Eugene Hoshiko
Kaisar Jepang Naruhito (kiri), didampingi oleh Permaisuri Masako (kanan). Kaisar Jepang Naruhito akan mengunjungi Indonesia pada 17-23 Juni 2023 .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaisar Jepang Naruhito akan mengunjungi Indonesia pada 17-23 Juni 2023 dalam sebuah kunjungan yang ditujukan untuk memperkuat hubungan persahabatan dengan Indonesia. "Melalui kunjungan ini, kami berharap bisa memperkuat hubungan persahabatan dengan Indonesia," kata pejabat di Kementerian Luar Negeri Jepang dalam sebuah pengarahan pers secara daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Pejabat itu berharap kunjungan tersebut dapat memperkuat hubungan antara kedua negara menjadi lebih baik lagi dan bisa menjadi kesempatan bagi masyarakat di kedua negara untuk saling memahami satu sama lain, termasuk dalam hal budaya.

Baca Juga

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama yang dilakukan Kaisar Naruhito ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut ia akan didampingi Permaisuri Owada Masako.

Kunjungan yang akan berlangsung selama tujuh hari itu akan meliputi kunjungan ke beberapa lokasi di Jakarta, Bogor, Bekasi dan Yogyakarta.

Kaisar Naruhito dijadwalkan tiba di Jakarta pada Sabtu sore, 17 Juni 2023, dan kunjungan pertamanya pada 18 Juni akan dilakukan di Depo Kereta Moda Raya Terpadu (MRT), disusul dengan kunjungan ke Stasiun Pompa Waduk Pluit, Jakarta.

Pada hari berikutnya, Kaisar Naruhito akan mengikuti Upacara Penyambutan di Istana Bogor dan akan melakukan audiensi dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Di Istana Bogor, Kaisar Naruhito akan mengikuti jamuan makan siang yang diselenggarakan oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, disusul dengan pertemuan dengan orang-orang Indonesia yang memiliki hubungan dengan Jepang pada malam harinya.

Inti dari kunjungan tersebut akan dilakukan pada Selasa, 20 Juni 2023, yaitu dengan upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan disusul dengan kunjungan ke Museum Nasional.

Pada hari yang sama, Kaisar Naruhito juga akan mengunjungi Universitas Darma Persada dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Industri MM2100, sebuah sekolah yang didirikan di kawasan industri MM2100 yang dikelola oleh perusahaan Jepang di Daerah Bekasi.

Kaisar Naruhito juga akan menggelar audiensi dengan perwakilan warga negara Jepang di Indonesia dan Relawan Kerja Sama Luar Negeri JICA pada malam harinya.

Pada Rabu, 21 Juni 2023, Kaisar Naruhito akan tiba di Yogyakarta untuk melakukan kunjungan ke Balai Teknik Sabo dan Istana Keraton, disusul dengan jamuan makan yang akan digelar oleh Sultan Hamengku Buwono X di Istana Keraton Yogyakarta.

Berikutnya pada 22 Juni 2023, Kaisar Naruhito akan mengunjungi Candi Borobudur dan bertolak ke Jakarta pada sore harinya. Kaisar Naruhito akan kembali ke Jepang pada 23 Juni 2023.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement