Sabtu 17 Jun 2023 14:28 WIB

Para Pembocor Dokumen Rahasia AS yang Diperlakukan Sebagai Pahlawan dan Pengkhianat

Salah satu dokumen yang pernah bocor adalah dokumen mengenai perang AS di Vietnam.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Bocornya Dokumen Rahasia AS
Foto:

Satu dekade kemudian, Snowden masih berada di Rusia dan mengambil kewarganegaraan Rusia tahun lalu. Kritikusnya mengatakan keputusan ini menunjukkan Snowden membahayakan keamanan nasional dan seharusnya tidak dianggap sebagai pahlawan.

Di Twitter, Jumat kemarin, Snowden mengatakan Ellsberg berharap mendedikasi jam-jam terakhir dalam hidupnya untuk mengurangi resiko perang nuklir. Ia menyebutnya sebagai 'pahlawan sampai akhir.'

Chelsea Manning

Manning yang berusia 35 tahun memberi lebih dari 700 ribu dokumen ke situs WikiLeaks saat ia bekerja sebagai analis intelijen di Irak pada tahun 2010. Dokumen-dokumen tersebut antara lain berisi kabel-kabel rahasia Departemen Luar Negeri dan video helikopter pasukan AS menembaki sekelompok orang Iran, termasuk dua jurnalis Reuters.

Pengadilan militer memvonis Manning bersalah melanggar Undang-undang Spionase dan menghukumnya 35 tahun penjara. Sebelum Obama turun presiden itu meringankan hukumannya pada 2017 lalu.

Ia kemudian dipenjara selama lebih dari satu tahun karena menolak bersaksi dihadapan juri dalam penyelidikan WikiLeaks.

Reality Winner

Winner yang berusia 31 tahun membocorkan laporan rahasia upaya pemerintah Rusia menembus perangkat lunak pemilihan umum sebelum pemilihan Presiden 2016. Ia mencetak salinan laporan di kantor NSA di Georgia dan mengirimnya ke media-media.

Pihak berwenang tidak pernah resmi mengidentifikasinya, Departemen Kehakiman mengumumkan penangkapannya pada Juni 2017 di hari yang sama The Intercept melaporkan dokumen sangat rahasia NSA mengenai peretasan Rusia.

Pada tahun 2018 ia mengaku bersalah atas satu tuduhan mengirim informasi keamanan nasional. Ia diberi hukuman lima tahun penjara, dan akhirnya dibebaskan pada awal Juni 2021.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement