Ahad 18 Jun 2023 00:32 WIB

Jokowi Akan Bertemu Kaisar Jepang Naruhito di Istana Bogor Besok Senin

Kaisar Naruhito diagendakan mengunjungi Depo MRT dan Candi Borobudur.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nidia Zuraya
Kaisar Jepang Naruhito (kiri) dan Permaisuri Masako (kanan) akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Senin (19/6/2023).
Foto: EPA-EFE/IMPERIAL HOUSEHOLD AGENCY
Kaisar Jepang Naruhito (kiri) dan Permaisuri Masako (kanan) akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (19/6/2023). Dalam kunjungan ini, Iriana Jokowi dan Permaisuri Masako akan turut mendampingi.

"Permaisuri Masako akan turut mendampingi Kaisar Jepang Naruhito dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor untuk bertemu Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana. Pertemuan hari Senin," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Sabtu (17/6/2023).

Baca Juga

Dikutip dari siaran pers Istana, Kaisar Jepang bersama Permaisuri mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu (17/6/2023) sore, sekitar pukul 16.20 WIB.

Dalam kunjungannya, Kaisar bersama Permaisuri dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan, utamanya bertemu Presiden Joko Widodo pada Senin (19/6/2023).

Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo, Jepang pada Juli 2022.

“Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” ucapnya.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat (23/6/2023).

Menyambut ketibaan Kaisar Jepang bersama Permaisuri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement