Senin 19 Jun 2023 16:53 WIB

Rusia Puji Serangan Balik Ukraina

Rusia sebut serangan Ukraina membuahkan hasil meski mengalami kerugian besar

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memuji pasukannya karena sangat efektif dalam memukul mundur serangan di dekat Avdiivka
Foto: Ukrainian Presidential Press Office via AP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memuji pasukannya karena sangat efektif dalam memukul mundur serangan di dekat Avdiivka

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Serangan balik Ukraina di medan perang diakui membuat Rusia kesulitan. Rusia melaporkan pertempuran sengit terjadi pada Ahad (18/6/2023) di tiga bagian garis depan di Ukraina.

Seorang pejabat Rusia, Vladimir Rogov mengatakan, Ukraina telah merebut kembali Piatykhatky, sebuah desa di wilayah selatan Zaporizhzhia. Pasukan Ukraina juga mempertahankan diri di wilayah itu saat mendapat serangan dari artileri Rusia.

Baca Juga

"Serangan seperti gelombang musuh membuahkan hasil, meski mengalami kerugian besar," kata Rogov, di aplikasi perpesanan Telegram.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan Piatykhatky dalam pembaruan hariannya. Kementerian Pertahanan mengatakan, pasukan Rusia telah memukul mundur serangan Ukraina di tiga bagian garis depan.  Kelompok pasukan Vostok Rusia mengatakan, Ukraina telah gagal merebut pemukiman tersebut.

Laporan malam oleh staf umum angkatan bersenjata Ukraina juga tidak menyebutkan Piatykhatky.  Pekan lalu, Ukraina mengatakan telah merebut kembali pemukiman terdekat, Lobkove, dan desa-desa lebih jauh ke timur, di wilayah Donetsk, pada awal serangan balasannya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memuji pasukannya karena sangat efektif dalam memukul mundur serangan di dekat Avdiivka, salah satu titik panas pertempuran di timur Ukraina. Zelenskiy mengatakan, serangan balik Ukraina yang telah lama ditunggu-tunggu berjalan dengan baik.

Baca Juga: Zelenskyy: Serangan Balik ke Rusia Berjalan tak Sesuai Harapan

"Pasukan kami sedang bergerak posisi demi posisi, selangkah demi selangkah, kami maju," kata Zelenskiy.

Seorang pejabat regional menyatakan, pasukan Ukraina telah menghancurkan gudang amunisi Rusia di wilayah Kherson yang diduduki. Ini adalah bagian dari upaya Kiev selama satu pekan, untuk mengganggu jalur pasokan Rusia.

Ukraina juga telah memberlakukan pemadaman informasi untuk membantu keamanan operasional. Pejabat Ukraina mengatakan, Rusia telah menderita kerugian yang jauh lebih besar daripada yang dialami Ukraina selama serangan barunya.

Laporan Ukraina berhasil...

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement