Senin 19 Jun 2023 16:53 WIB

Rusia Puji Serangan Balik Ukraina

Rusia sebut serangan Ukraina membuahkan hasil meski mengalami kerugian besar

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memuji pasukannya karena sangat efektif dalam memukul mundur serangan di dekat Avdiivka
Foto:

Laporan Ukraina berhasil merebut delapan desa menunjukkan kemajuan yang dicapai Kiev di sepanjang garis pertahanan Moskow. Namun kesuksesan merebut kembali Desa Piatykhatky yang berjarak sekitar 90 kilometer dari pantai Laut Azov sangat signifikan.

Dalam pidato rutinnya, Senin (19/6/2023) Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskky mengatakan ia terus berbicara dengan negara-negara Barat untuk mendapatkan lebih banyak senjata dan amunisi secepat mungkin.

Baca Juga: Ekspor Makanan Koridor Laut Hitam Turun Drastis

Sementara itu Rusia yang berusaha mematahkan semangat Barat mengaku berhasil mematahkan serangan-serangan Ukraina dan merilis video yang menunjukkan pasukannya merebut senjata yang Barat kirim untuk Ukraina. Seperti tank produksi Prancis yang disita di wilayah Donetsk. Tapi Rusia tidak menyinggung Piatykhatky dalam videonya.

Ukraina mengakui menggelar serangan balik ke garis pertahanan Rusia sepanjang 1.000 kilometer untuk merebut kembali 18 persen wilayahnya yang diduduki pasukan Moskow. Tapi Kiev berhati-hati mengendalikan arus informasi atas alasan keamanan.

Pengamat mengatakan tahapan utama serangan balik Ukraina belum dimulai. Kedua belah pihak tampaknya mengalami banyak kerugiaan dalam pertempuran akhir-akhir ini. Masing-masing pihak mengatakan lawannya mengalami kerugian yang lebih besar.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement