Rabu 21 Jun 2023 06:32 WIB

Prancis Ikut Bantu Operasi Pencarian Kapal Selam Wisata 'Titanic'

Kapal selam wisata tersebut membawa lima orang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Bangkai kapal Titanic. Prancis akan terlibat dalam operasi pencarian kapal selam turis yang hilang ketika tengah mengunjungi bangkai kapal Titanic di Samudra Atlantik.

Kanada turut mengirimkan pesawat patroli maritime P-8 Poseidon. Menurut John Mauger, waktu yang tersedia untuk operasi pencarian adalah antara 70 hingga 96 jam.

Kapal selam turis yang hilang adalah kapal selam Titan milik OceanGate Expedition. Kapal yang memiliki panjang 6,5 meter itu menyelam pada Ahad lalu, kemudian hilang sekitar satu jam 45 menit kemudian.

Terdapat lima orang dalam kapal selam tersebut. Sebuah sumber di pemerintahan Prancis mengungkapkan, salah satu penumpang dalam kapal Titan adalah Paul-Henri Nargeolet. Ia adalah penjelajah Prancis berusia 77 tahun.

Pengusaha asal Inggris, Hamish Harding (58 tahun), dilaporkan turut berada dalam ekspedisi tersebut. Keluarganya telah mengonfirmasi kabar itu. OceanGate selaku penyedia jasa ekspedisi telah menyampaikan terima kasih atas bantuan dari seluruh pihak dalam proses pencarian Titan.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan ekstensif yang kami terima dari beberapa lembaga pemerintah dan sejumlah perusahaan komersial di bidang kelautan dalam upaya kami menjalin kontak dengan kapal selam (Titan),” kata OceanGate.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement