Rabu 21 Jun 2023 08:41 WIB

Warga Palestina Lakukan Perlawanan Terhadap Pasukan Israel, Empat Warga Israel Tewas

Enam orang Palestina tewas dan lebih dari 90 terluka dalam serangan pasukan Israel.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Seorang warga Palestina yang terluka akibat serangan pasukan Israel dibawa ke sebuah rumah sakit di kota Jenin, Tepi Barat, Senin, (19/62023).
Foto: AP Photo/Majdi Mohammed
Seorang warga Palestina yang terluka akibat serangan pasukan Israel dibawa ke sebuah rumah sakit di kota Jenin, Tepi Barat, Senin, (19/62023).

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT -- Dua orang Palestina menembak mati empat orang Israel di dekat permukiman Yahudi di daerah pendudukan Tepi Barat. Kelompok milisi Hamas mengatakan serangan ini merupakan respon dari serbuan-serbuan pasukan Israel ke titik bentrokan di Kota Jenin.

Badan layanan darurat mengatakan empat orang lainnya terluka dalam penembakan yang terjadi di sebuah restoran pinggir jalan di pom bensin di pemukiman Eli. Salah satu korban merupakan anak-anak.

Baca Juga

Usai serangan itu terjadi militer Israel mengatakan mereka memperkuat pasukan di Tepi Barat. Hamas mengatakan dua orang bersenjata anggota sayap kelompok bersenjata mereka.

Pihak berwenang Israel mengatakan satu orang tewas ditembak warga sipil di lokasi kejadian dan satu oleh pasukan keamanan Israel yang mengejarnya setelah ia melarikan diri.

"Ketika saya sampai di pom bensin, saya melihat teroris, saya melihatnya berjalan ke arah sebuah mobil di mana ada seorang pria sedang duduk, ia menembak, saya menembaknya, ia menembak saya, saya tidak berhenti menembak sampai ia berhenti bergerak," kata anggota keamanan pemukiman Eli, Morel Nicker, di ranjang rumah sakit, Selasa (20/6/2023).  

Kekerasan di Tepi Barat melonjak tajam selama 15 bulan dengan semakin seringnya penyerbuan tentara Israel di tengah serangan acak kelompok Palestina di jalan-jalan dan semakin agresifnya pemukim Israel. Penembakan di Eli terjadi satu hari setelah baku tembak antara pejuang Palestina dan pasukan Israel yang didukung helikopter bersenjata di dekat Jenin, kantong kelompok-kelompok bersenjata Palestina.

Enam orang Palestina tewas dan lebih dari 90 lainnya terluka. Tujuh persenel pasukan keamanan Israel juga terluka dalam baku tembak paling intens di Tepi Barat dalam beberapa bulan terakhir.

Anggota pemerintahan garis keras mendorong...

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement