Kamis 22 Jun 2023 13:13 WIB

31 Orang Tewas Akibat Ledakan di Restoran Barbekyu Cina

Ledakan terjadi ketika orang-orang berkumpul untuk merayakan Festival Perahu Naga.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Sedikitnya 31 orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka setelah gas yang digunakan untuk memasak di sebuah restoran barbekyu di Cina meledak.
Foto: AP
Sedikitnya 31 orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka setelah gas yang digunakan untuk memasak di sebuah restoran barbekyu di Cina meledak.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sedikitnya 31 orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka setelah gas yang digunakan untuk memasak di sebuah restoran barbekyu di Cina meledak. Ledakan itu menghancurkan restoran pada Rabu (21/6/2023) sekitar pukul 20.40 waktu setempat, di jalan yang sibuk di daerah perumahan Yinchuan, Ibu Kota Daerah Otonomi Ningxia Hui.

Ledakan terjadi ketika orang-orang berkumpul untuk merayakan Festival Perahu Naga. “Kebocoran bahan bakar gas cair menyebabkan ledakan di restoran barbekyu yang sedang beroperasi,” ujar laporan kantor berita Xinhua yang mengutip komite Partai Komunis regional.

Baca Juga

Tujuh orang lagi menerima perawatan medis dan salah satu dari mereka dalam kondisi kritis. Sementara lainnya menderita luka bakar parah, dua luka ringan, dan dua luka gores yang disebabkan oleh pecahan kaca.

Rekaman CCTV menunjukkan puluhan petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api. Pecahan kaca dan puing-puing lainnya berserakan di jalanan.

Seorang wanita mengatakan, dia berada sekitar 50 meter dari restoran ketika dia mendengar ledakan itu. Wanita itu mengatakan, dia melihat dua pelayan keluar dari restoran setelah ledakan dan salah satunya langsung pingsan.

"Ada bau gas yang kuat," ujar wanita itu, dilaporkan Aljazirah, Kamis (22/6/2023).

Sembilan orang termasuk pemilik, pemegang saham, dan staf restoran ditahan oleh polisi setelah ledakan. Selain itu, aset mereka telah dibekukan. Upaya penyelamatan telah selesai pada Kamis sekitar pukul 4 pagi. Kecelakaan akibat ledakan gas dan bahan kimia tidak jarang terjadi di Cina, kendati telah ada upaya untuk meningkatkan keselamatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement