Jumat 07 Jul 2023 09:42 WIB

Siapa Saja yang Dapat Warisan Silvio Berlusconi?

Berlusconi membagi dua pertiga hartanya kepada lima anaknya secara merata.

Mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi
Foto: EPA-EFE/RICCARDO ANTIMIANI
Mantan perdana menteri Italia Silvio Berlusconi

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN – Gambaran terperinci bagaimana miliarder Silvio Berlusconi membagi asetnya setelah wafat terungkap sudah. Pada Kamis (6/7/2023), wasiat mantan perdana menteri Italia yang wafat 12 Juni lalu itu, dibuka ke publik. 

Menurut hukum Italia, keluarga orang yang meninggal berhak mewarisi dua pertiga harta dengan bagian yang rata. Sedangkan sisanya, yaitu sepertiga harta bebas diserahkan kepada siapa saja sesuai dengan keinginan pemilik harta yang sudah meninggal itu melalui wasiat. 

Forbes memperkirakan, Berlusconi dan keluarga mempunyai aset bernilai sekitar 6,8 miliar dolar AS. Dua pertiganya dikelola oleh perusahaan induk, Fininvest. Berikut ini, siapa saja dan berapa banyak harta yang pewaris Berlusconi dapatkan sesuai surat wasiat. 

Berlusconi membagi dua pertiga hartanya kepada lima anaknya secara merata. Yakni, 61,3 persen saham yang ia miliki di  Fininvest, termasuk aset di perusahaan penyiaran MFE-MediaForEurope, manajer aset Banca Mediolanum, dan klub sepak bola Serie A Italia, Monza.

Baca Juga: Mendiang Silvio Berlusconi Serahkan Kendali Kerajaan Bisnisnya ke Dua Anak Tertua

Ini berarti, lima anak Berlusconi masing-masing mendapatkan tambahan saham Fininvest sekitar delapan persen dari saham yang mereka miliki sebelumnya. Demikian diberitakan laman Reuters, Kamis (6/7/2023). 

Berlusconi mewariskan sepertiga sisa sahamnya, yaitu sekitar 20 persen saham di Fininvest kepada anak tertuanya, Marina dan Pier Silvio. Pembagia kepada keduanya dengan jumlah yang sama. Keduanya merupakan anak dari perkawinan pertama Berlusconi. 

Mereka juga yang selama ini aktif terlibat dalam pengelolaan bisnis keluarga Berlusconi.  Marina dan Pier Silvio masing-masing telah memiliki 7,65 persen saham di Fininvest dan jika digabung jumlahnya mencapai 15,3 persen. 

Dengan penambahan masing-masing saham dari wasiat mendiang ayahnya, dua anak tertua ini mengendalikan mayoritas saham di Fininvest. Jadi, mereka secara bersama-sama dapat mengambil keputusan apapun atas masa depan bisnis yang ditinggalkan Berlusconi.

Berlusconi menggunakan cara sama dalam membagikan sisa aset berupa properti dan barang seni. Maka, kedua anak tertua pengusaha kaya ini mendapatkan 60 persen dari seluruh aset sedangan tiga anak lainnya 40 persen. 

Tak hanya itu, Berlusconi memberikan 100 juta euro atau 109 juta dolar AS kepada pasangan terakhirnya, Marta Fascina, yang Berlusconi sebagai istrinya saat menjelang kematian meski keduanya belum secara resmi menikah. 

Ia juga meninggalkan 100 juta euro untuk saudara laki-lakinya, bernama Paolo

Untuk Marcello Dell'Utri, teman sekampusnya yang menjadi asistennya selama ini, Berlusconi memberikan uang sebesar 30 juta euro. Dell'Utri menjalani hukuman penjara karena bersekongkol dengan mafia pada 2014 lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement