Senin 10 Jul 2023 11:45 WIB

Menlu AS dan Ukraina Bicara Via Telepon Sebelum Pertemuan NATO

Menlu AS dan Ukraina bahas serangan balik ke Rusia

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Bendera NATO dan Lithuanian berkibar di lokasi KTT NATO di Vilnius, Lithuania
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Bendera NATO dan Lithuanian berkibar di lokasi KTT NATO di Vilnius, Lithuania

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba lewat sambungan telepon. Mereka membahas pertemuan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada pekan ini dan serangan balik Kiev dalam merebut kembali wilayahnya yang diduduki Rusia.

"Saya melakukan diskusi penting dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba hari ini menjelang pertemuan NATO pekan ini," kata Blinken di Twitter, Senin (10/7/2023).  

Baca Juga

Dalam pernyataan terpisah juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan dua diplomat itu juga membahas "kemajuan serangan balik Ukraina."

Di Twitter, Kuleba mengatakan dalam diskusi itu ia dan Blinken menyusun detail sebelum pertemuan NATO yang akan dimulai Selasa (11/7/2023) besok di Vilnius, Lithuania. "Saya melakukan sambungan telepon produktif dengan Menteri Blinken menjelang Vilnius," cicit Kuleba.

"Tinggal 48 jam lagi, kami bekerja untuk mengambil keputusan terakhir agar semua pihak menang: Ukraina, NATO, dan keamanan global," tambah Kuleba dalam cicitan tersebut.

Ukraina berharap dapat sinyal yang jelas mengenai keanggotaan NATO di pertemuan di Vilnius. Pada Jumat (7/7/2023) lalu Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden dan pemimpin NATO lainnya akan membahas langkah-langkah yang perlu Ukraina selesaikan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement