Rabu 12 Jul 2023 13:49 WIB

Mengapa Keanggotaan Ukraina di NATO Sangat Sensitif?

Para pemimpin NATO tidak memberikan Rencana Aksi Keanggotaan Ukraina

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
NATO menyetujui bahwa Ukraina dapat bergabung dengan aliansi tersebut. Tetapi para pemimpin NATO tidak memberikan Rencana Aksi Keanggotaan (MAP)
Foto:

Sejauh ini, tidak diketahui bagaimana peta jalan Ukraina menuju keanggotaan NATO karena semakin banyak negara anggota, termasuk Inggris dan Jerman di menyarankan agar setiap negara yang akan bergabung melalui proses MAP.

Dengan langkah seperti itu, NATO dapat menangani tuntutan Kiev dan sekutunya di Eropa timur untuk melampaui bahasa perjanjian KTT Bucharest 2008 tanpa menawarkan undangan kepada Ukraina.

Militer Ukraina telah mengambil langkah besar menuju standar NATO sejak invasi Rusia.  Proses ini semakin cepat karena senjata dan amunisi buatan Soviet secara bertahap telah habis. Sementara Barat melatih pasukan Ukraina sesuai dengan standar NATO dan mengirimkan lebih banyak persenjataan canggih.

Klausul bantuan timbal balik terletak di jantung aliansi, yang dibentuk pada tahun 1949 dengan tujuan utama melawan risiko serangan Soviet di wilayah sekutu. Ini dikutip sebagai salah satu alasan utama mengapa Ukraina tidak dapat bergabung dengan NATO saat berkonflik dengan Rusia, karena hal ini dapat segera menarik aliansi tersebut ke dalam perang aktif. Pasal 5 Perjanjian Washington NATO, menyatakan bahwa serangan terhadap satu sekutu dianggap sebagai serangan terhadap semua sekutu.

Stoltenberg telah memperjelas bahwa, NATO harus mendiskusikan opsi untuk memberikan jaminan keamanan kepada Ukraina setelah perang. Jaminan keamanan berdasarkan Pasal 5 ini habya akan diberikan kepada anggota penuh aliansi NATO.

Kremlin menggambarkan ekspansi NATO itu sebagai bukti permusuhan Barat terhadap Rusia. Moskow mengatakan aliansi NATO sepenuhnya bersifat defensif.

Moskow mengatakan, jika Ukraina bergabung dengan NATO maka akan menimbulkan masalah di masa mendatang. Rusia telah memperingatkan bahwa mereka akan melancarkan tanggapan untuk memastikan keamanannya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement