Senin 17 Jul 2023 15:38 WIB

Korban Hujan Lebat di Korea Selatan Bertambah Jadi 49 Orang

Terowongan bawah tanah Osong di pusat kota Cheongju dihantam banjir

Empat jasad lagi ditemukan dari terowongan bawah tanah yang terendam banjir di Korea Selatan
Foto: AP
Empat jasad lagi ditemukan dari terowongan bawah tanah yang terendam banjir di Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Empat jasad lagi ditemukan dari terowongan bawah tanah yang terendam banjir di Korea Selatan bagian tengah sehingga jumlah orang yang tewas atau hilang akibat hujan belum alam ini menjadi 49 orang, kata sejumlah pejabat pada Senin (17/7/2023).

Terowongan bawah tanah Osong di pusat kota Cheongju dihantam banjir Sabtu pekan lalu ketika sungai di dekatnya meluap setelah tanggul jebol akibat permukaan air naik gara-garat hujan lebat. Akibatnya, 15 unit kendaraan, termasuk sebuah bus, terperangkap di bawah air.

Empat jasad lagi ditemukan semalam sehingga jumlah korban tewas menjadi 13 orang. Total di seluruh negeri itu, 39 orang, termasuk 19 orang di Provinsi Gyeongsang Utara, tewas akibat hujan lebat yang melanda negara itu sejak pekan lalu pada pukul 06.00 pagi waktu setempat.

Menurut Markas Besar Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, hingga pukul 06.00 pagi, sembilan orang masih dinyatakan hilang, termasuk delapan orang di Provinsi Gyeongsang Utara, sementara 34 orang cedera.

Jumlah korban bisa bertambah saat tim penyelamat terus mengeringkan dan melakukan pencarian di terowongan terendam banjir di mana sekitar 10 kendaraan diyakini terendam. Di seluruh negeri, 10.570 orang mengungsi akibat banjir itu.

Hujan juga merusakkan 628 fasilitas umum dan 317 properti pribadi lainnya, termasuk 146 jalan yang amblas atau hanyut dan 139 rumah terendam banjir. Total 28.607 rumah di seluruh Korea Selatan mengalami pemadaman listrik akibat hujan lebat. Listrik kembali beroperasi di sebagian besar rumah pada Senin.

Menurut Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, hujan dengan curah hujan tinggi lebih dari 500 mm mengguyur wilayah tengah dan dataran rendah sejak 9 Juli. Hujan dengan curah hujan 626 mm juga menerjang daerah terdekat Cheongyang, 580 mm di pusat kota Sejong dan 522 mm di Mungyeong di Provinsi Gyeongsang Utara.

Peringatan hujan lebat diberlakukan di Provinsi Chungcheong, wilayah selatan dan Pulau Jeju pada Senin pagi. Badan cuaca mengatakan Provinsi Jeolla dan wilayah-wilayah sekitarnya bisa kembali mengalami hujan dengan curah hujan sampai 40 mm per jam.

Hingga Selasa, hujan dengan curah hujan 200 mm diperkirakan terjadi di Chungcheong dan wilayah selatan, sedangkan wilayah-wilayah lainnya bakal diguyur hujan bercurah hujan 10mm - 100mm.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement