Jumat 21 Jul 2023 11:31 WIB

Iran Ancam Balas Tindakan Penurunan Minyak dari Kapal Tanker Sitaan

Iran akan meminta pertanggungjawaban AS karena mengizinkan pembongkaran muatan tanker

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Kapal tanker berbendera Iran MT Arman. Ilustrasi
Foto:

IRAN SITA 2 KAPAL TANKER MINYAK

Baru-baru ini Iran berusaha menyita dua kapal tanker minyak yang sedang berlayar melintas di dekat selat Hormuz. Tentara Iran melepaskan tembakan ke salah satu kapal itu. Namun upaya itu dapat digagalkan setelah kapal destroyer dengan rudal USS McFaul tiba di lokasi. 

Angkatan Laut AS mengatakan McFaul masih berada di Teluk untuk melindungi jalur pelayaran. Setelah kejadian itu, AS mengirimkan pesawat jet dan kapal tempur tambahan ke Selat Hormuz dan Teluk Oman. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan di tengah upaya penyitaan yang dilakukan Iran pada kapal-kapal komersial di sana.

Pesawat-pesawat AS bertujuan untuk memberikan perlindungan udara pada kapal-kapal komersial yang berlayar di sana dan meningkatkan kehadiran militernya. Pada Senin (17/7/2023) Pentagon mengatakan AS mengirimkan kapal destroyer USS Thomas Hudner dan sejumlah pesawat tempur F-35 ke sana. Hudner sudah berada di laut tengah.

Pekan lalu pejabat pertahanan pemerintah AS mengumumkan pengerahan pesawat tempur F-16 ke daerah itu selama satu pekan terakhir. AS sudah mengirimkan pesawat serbu A-10 selama hampir dua pekan untuk merespon aktivitas Iran.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement