Senin 24 Jul 2023 12:45 WIB

Spanyol Hadapi Ketidakpastian Politik Setelah Partai Kanan Gagal Raih Suara Mayoritas

Partai Rakyat (PP) dan Vox yang berhaluan kanan memenangkan gabungan 169 kursi.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Spanyol. Rakyat Spanyol disambut oleh kemacetan politik pada Senin (24/7/2023) setelah kelompok partai kanan gagal meraih kemenangan mayoritas, yang diperkirakan akan menentukan pemerintahan.
Bendera Spanyol. Rakyat Spanyol disambut oleh kemacetan politik pada Senin (24/7/2023) setelah kelompok partai kanan gagal meraih kemenangan mayoritas, yang diperkirakan akan menentukan pemerintahan.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Rakyat Spanyol disambut oleh kemacetan politik pada Senin (24/7/2023) setelah kelompok partai kanan gagal meraih kemenangan mayoritas, yang diperkirakan akan menentukan pemerintahan. Tidak adanya pemenang mayoritas yang jelas dalam pemilihan umum membuat ketidakpastian politik di negara tersebut.

Hasil dari pemungutan suara pada Ahad (23/7/2023), tidak memberikan jalan yang mudah bagi kelompok kiri maupun kanan untuk membentuk pemerintahan. Seorang pemimpin Catalan yang sedang dalam pelarian dari pengadilan Spanyol bisa menjadi seorang kingmaker yang sangat mungkin terjadi, kata Ignacio Jurado, seorang profesor di bidang ilmu politik di Universitas Carlos III di Madrid.

Baca Juga

Partai Rakyat (PP) yang berhaluan kanan-tengah dan Vox yang berhaluan kanan-jauh memenangkan gabungan 169 kursi di parlemen, sementara Partai Sosialis yang berkuasa (PSOE) dan Sumar yang berhaluan kiri-jauh memenangkan 153 kursi, jauh di bawah 176 kursi yang dibutuhkan untuk menjadi mayoritas.

Setelah memenangkan kursi terbanyak, Partai Rakyat (PP) akan diberi kesempatan pertama untuk mencoba mengumpulkan suara yang cukup di parlemen untuk memenangkan pemungutan suara pemilihan perdana menteri. Namun, aliansinya dengan Vox yang beraliran ekstrem kanan akan menyulitkan mereka untuk mendapatkan dukungan dari faksi lain.

Partai Sosialis Perdana Menteri Pedro Sanchez memiliki lebih banyak pilihan, tapi menghadapi tuntutan yang mungkin tidak dapat diterima oleh partai-partai separatis Catalan. Tuntutan tersebut dapat berupa desakan untuk referendum kemerdekaan, yang memicu kekacauan politik seperti yang terlihat pada 2017 ketika Catalonia terakhir kali mencoba memisahkan diri dari Spanyol.

Sanchez dapat memenangkan partai separatis sayap kiri Esquerra Republicana de Catalunya (ERC), seperti yang ia lakukan untuk membentuk pemerintahan minoritas pada 2019. Namun, ia mungkin juga akan membutuhkan dukungan dari Junts, Partai Catalonia yang lebih berhaluan keras, yang tidak mendukung Sanchez dalam empat tahun terakhir.

Junts belum menyampaikan posisi yang jelas. Kandidatnya untuk Kongres, Miriam Nogueras, mengatakan bahwa setiap dukungan akan menjadi imbalan untuk referendum kemerdekaan baru untuk Catalonia. Partai Sosialis, yang menentang kemerdekaan dan pemungutan suara mengenai masalah ini, mungkin akan kesulitan menerima permintaan tersebut.

Carles Puigdemont, salah satu pemimpin tertinggi partai, mengatakan bahwa Junts tidak akan mendukung Sanchez maupun Feijoo. Puigdemont tinggal di pengasingan yang dipaksakan sendiri di Belgia dan dicari oleh pihak berwenang Spanyol karena memimpin upaya kemerdekaan yang gagal pada tahun 2017.

Sanchez telah memerintah dengan minoritas setelah membentuk koalisi dengan partai sayap kiri Unidas Podemos dan mendapatkan dukungan untuk pemungutan suara dari partai-partai pro-kemerdekaan Basque dan Catalan, yang menarik kemarahan banyak orang Spanyol.

"PSOE berada di bawah kekuasaan Puigdemont," ujar Ignacio Torreblanca, kepala kantor Madrid di European Council on Foreign Relations.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement