Selasa 25 Jul 2023 13:27 WIB

Cina dan Taiwan Tangguhkan Aktivitas Militer, Ada Apa?

Badai Super Doksuri akan menghantam wilayah Cina daratan dan Taiwan utara,

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
 Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Militer Taiwan ini, senjata artileri Taiwan menembakkan peluru tajam selama latihan Han Guang yang diadakan di Taichung, Taiwan, 16 September 2021.
Foto: AP/Military News Agency
Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Militer Taiwan ini, senjata artileri Taiwan menembakkan peluru tajam selama latihan Han Guang yang diadakan di Taichung, Taiwan, 16 September 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Cina mendesak kapal-kapal nelayan untuk mencari perlindungan dan para petani untuk mempercepat panen mereka, sementara Taiwan menangguhkan latihan militer tahunan karena badai super Doksuri berputar mendekati Asia Timur. Topan ini berpotensi mencapai jauh ke dalam wilayah Cina daratan melalui Pulau Taiwan.

Badai Doksuri, yang berdiameter hampir 1.000 km (620 mil), diperkirakan akan menyapu pulau-pulau yang berpenduduk sedikit di lepas pantai utara Filipina pada pertengahan minggu ini sementara angin kencang dan hujan lebat menghantam Taiwan di bagian utara.

Baca Juga

Meski begitu, pihak berwenang Filipina telah menaikkan tingkat peringatan badai di wilayah ibu kota dan puluhan provinsi di bagian utara, dan telah mulai mengevakuasi beberapa komunitas penduduk yang tinggal di pesisir yang berada di jalur badai.

Saat ini dengan kecepatan angin tertinggi 138 mil per jam (223 kpj), Doksuri akan mendarat di daratan Cina di suatu tempat antara provinsi Fujian dan Guangdong pada hari Jumat mendatang, Pusat Meteorologi Nasional Cina mengatakan pada hari Selasa (25/7/2023).

Meskipun Doksuri diperkirakan akan kehilangan sebagian kekuatannya dan mendarat sebagai topan atau topan yang parah, namun tetap akan menghantam kota-kota di Cina yang padat penduduknya dengan hujan lebat dan angin kencang.

Fujian telah memerintahkan semua kapal nelayan lepas pantai untuk berlindung di pelabuhan terdekat hingga Rabu (26/7/2023) siang dan meminta para petani untuk memanen padi dan tanaman lain yang telah matang.

Khawatir dengan tanaman biji-bijian musim gugur, kementerian pertanian dan urusan pedesaan Cina memperingatkan pada hari Senin mendatang, bahwa topan Doksuri dapat masuk jauh ke pedalaman daratan Cina. Dan bila telah mendarat, maka akan mempengaruhi tanaman berbatang tinggi seperti jagung dan bahkan padi di daerah pedesaan.

Setelah badai berlalu, lahan-lahan yang tidak memiliki batang yang patah harus segera diluruskan dan lahan-lahan yang tergenang air harus segera dikeringkan, dan pupuk yang bereaksi cepat harus diberikan untuk mempercepat pemulihan tanaman, kata kementerian tersebut.

Latihan militer dibatalkan 

Taiwan membatalkan beberapa latihan militer tahunannya pada hari Selasa karena alasan keamanan ketika pihak berwenang meningkatkan persiapan untuk menghadapi apa yang mereka katakan sebagai topan yang paling merusak yang menghantam pulau itu dalam hampir empat tahun terakhir.

Tidak segera jelas bagaimana topan tersebut dapat berdampak lebih lanjut pada latihan Han Kuang selama lima hari, yang akan berlangsung di seluruh pulau minggu ini dengan fokus untuk mempertahankan bandara internasional utama pulau dan bagaimana menjaga jalur laut tetap terbuka jika terjadi blokade Cina.

Beijing tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau yang diperintah secara demokratis ini di bawah kendalinya. Taiwan menolak klaim kedaulatan Beijing dan bersumpah untuk mempertahankan kebebasan dan demokrasinya.

Biro cuaca Taiwan mengeluarkan peringatan laut dan mendesak masyarakat di daratan untuk bersiap-siap menghadapi hujan lebat dan angin kencang.

Di kota pelabuhan selatan Kaohsiung, pihak berwenang bergegas mengumpulkan ratusan kontainer yang hanyut di laut setelah kapal kontainer Angel tenggelam di lepas pantai barat daya Taiwan pekan lalu.

"Taiwan belum pernah mengalami topan yang mendarat selama lebih dari 1.400 hari, dan itulah sebabnya saya mendesak semua kementerian pemerintah untuk bersiap-siap dan melakukan persiapan," ujar Perdana Menteri Chen Chien-jen dalam sebuah unggahan di Facebook.

"Saya ingin mengingatkan warga untuk tidak meremehkan ancaman topan ini," katanya menambahkan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement