Selasa 25 Jul 2023 16:53 WIB

Menteri Pertahanan Rusia Pimpin Delegasi Kunjungi Korea Utara

Kunjungan ini akan memperkuat hubungan militer antara Moskow dan Pyongyang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu diagendakan melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut) pada 25-27 Juli 2023
Foto: EPA-EFE/SERGEY FADEICHEV
Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu diagendakan melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut) pada 25-27 Juli 2023

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu diagendakan melakukan kunjungan ke Korea Utara (Korut) pada 25-27 Juli 2023 atau Selasa hingga Kamis pekan ini. Dalam lawatannya, Shoigu memimpin sebuah delegasi dari negaranya.

“Pada 25-27 Juli, delegasi Rusia yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Angkatan Darat Sergey Shoigu akan mengunjungi Republik Rakyat Demokratik Korea atas undangan Kementerian Pertahanan Korut untuk menghadiri acara meriah yang menandai peringatan 70 tahun kemenangan rakyat Korut dalam Perang Pembebasan Tanah Air 1950-1953," ungkap Kementerian Pertahanan Rusia dalam keterangannya, Selasa (25/7/2023), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), telah mengonfirmasi agenda kunjungan Shoigu ke negara tersebut. Sama seperti keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, KCNA menyampaikan dalam laporannya bahwa Shoigu akan berpartisipasi dalam upacara peringatan kemenangan Korut dalam Perang Pembebasan Tanah Air.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, kunjungan Shoigu akan berkontribusi dalam penguatan hubungan militer bilateral antara Moskow dan Pyongyang. Selain itu, lawatan Shoigu menandai tahap penting dalam pengembangan kerja sama Rusia-Korut.

Kementerian Pertahanan Rusia tak mengungkap siapa saja delegasi yang mendampingi Shoigu. Tak dijelaskan pula tentang apa saja agenda kegiatan Shoigu selama berada di Korut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement