Selasa 25 Jul 2023 21:50 WIB

Selain di Depan Kedubes Irak, Alquran Dibakar di Depan Kedubes Mesir dan Turki

Menlu Denmark membahas soal aksi pembakaran Alquran dengan Menlu Irak.

 Demonstran mengangkat tangan dan mengangkat Alquran saat mereka menghadiri protes menentang pembakarannya di Swedia, di Karachi, Pakistan, Ahad (2/7/2023).
Foto: EPA/ SHAHZAIB AKBER
Demonstran mengangkat tangan dan mengangkat Alquran saat mereka menghadiri protes menentang pembakarannya di Swedia, di Karachi, Pakistan, Ahad (2/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN – Aksi pembakaran Alquran bergiliran dilakukan di depan kedubes negara-negara Muslim di Denmark. Pada Selasa (25/7/2023), lima pengunjuk rasa anti-Islam membakar Alquran di depan Kedubes Mesir dan Turki di Kopenhagen. 

Aksi pembakaran tersebut juga kembali dilakukan kelompok sayap kanan yang menyebut dirinya Danish Patriots. Mereka melakukan aksi serupa pada Senin (24/7/2023) dan Jumat (21/7/2023) di depan Kedubes Irak di Kopenhagen.

Baca Juga

Di Swedia, pembakaran Alquran berlangsung dua kali. Selain di depan masjid di Stockholm juga di depan Kedubes Irak. Denmark dan Swedia menyayangkan aksi pembakaran tetapi berdalih tak bisa mencegahnya karena pengunjuk rasa dilindungi aturan kebebasan berekspresi. 

‘’Orang mengambil keuntungan dari diperluasnya kebebasan berekspresi ketika mereka demonstrasi,’’ kata profesor hukum dari University of Copenhagen, Trine Baumbach menjelaskan hukum yang berlaku di Denmark. 

Menurut dia, ini bukan hanya ekspresi verbal. Namun, masyarakat juga bisa mengekspresikan diri mereka dalam beragam cara seperti membakar sesuatu. 

Menteri Luar Negeri Denmark Lars Lokke Rasmussen, Selasa, menyatakan melakukan pembicaraan konstruktif melalui sambungan telepon dengan Menlu Irak Fuad Husseein membahas hubungan dua negara dan soal aksi pembakaran Alquran. 

‘’Mengulang kembali kecaman pada aksi-aksi pembakaran Alquran yang memalukan yang diakuakan segelintir orang. Menekankan bahwa semua unjuk rasa berlangsung damai,’’ kata Rasmussen dalam akun X miliknya, seperti dilansir laman Al Arabiya

Setelah terjadinya pembakaran Alquran Jumat lalu, Rasmussen mengecam aksi tersebut. Ia menyebutnya sebagai kebodohan yang dilakukan segelintir orang. "Ini tindakan tak terpuji menistakan agama orang lain,’’ katanya.

Ia menegaskan, pembakaran Alquran hanya memicu perpecahan. "Pembakaran Alquran dan simbol agama lain, tak ada alasan lain yaitu memprovokasi dan menciptakan perpecahan," katanya. Namun, kata dia, di Denmark pembakaran Alquran bukan kejahatan.

Mesir memanggil kuasa usaha Swedia untuk mengutuk pembakaran Alquran. Demikian diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir, Selasa. Ini merepons pembakaran Alquran yang dilakukan secara berulang. 

Pemerintah Mesir mengutuk keras....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement