Senin 31 Jul 2023 18:40 WIB

Menteri Israel Tolak Adanya Konsesi dalam Normalisasi Hubungan dengan Saudi

Normalisasi dengan Saudi merupakan tujuan utama politik luar negeri Netanyahu.

 Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir.
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM – Pemerintahan sayap kanan Israel menegaskan tak akan memberikan konsesi apapun untuk mencapai kesepakatan normalisasi hubungan dengan Arab Saudi. Sebelumnya, mereka menormalisasi hubungan dengan Bahrain, Uni Emirat Arab, Sudan, dan Maroko. 

Jumat (28/7/2023) lalu, Presiden AS Joe Biden menyatakan kesepakatan dalam proses setelah pembicaraan antara penasihat keamanan nasional AS dengan sejumlah pejabat Saudi di Jeddah. Pembicaraan itu salah satunya mengenai normalisasi Saudi-Israel.

Baca Juga

Ide normalisasi hubungan Israel dengan Saudi dibahas sejak Saudi dianggap tak bereaksi keras dan mendiamkan keputusan dua negara tetangganya di Teluk yaitu Uni Emirat Arab dan Bahrain menjalin hubungan diplomatik dengan Israel pada 2020. 

Di sisi lain, Saudi menegaskan normalisasi bisa dilakukan dengan syarat permintaan Palestina harus dipenuhi lebih dulu. Penolakan ini disampaikan Menteri Misi Nasional Israel Orit Strock dari partai yang mendukung permukiman ilegal Yahudi, Religious Zionism.

Partai ini bagian dari koalisi pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu saat ini. Ditanya apakah Strock akan menerima jika mesti memberi konsesi sebagai imbal balik normalisasi hubungan dengan Saudi, ia menegaskan,’’ Kami jelas tidak menerima hal semacam itu.’’

Menurut dia, koalisi sayap kanan sudah jelas sikapnya soal desakan mundur dari permukiman, penolakan membekukan permukiman di Judea dan Samari, istilah biblical yang dikutip mereka untuk menyebut Tepi Barat. 

‘’Itu konsensus di antara partai dalam koalisi pemerintahan sayap kanan saat ini,’’ kata Strock dalam pernyataan kepada lembaga penyiaran publik, Kan, Senin (31/7/2023). Ini akan menjadi sandungan bagi Netanyahu. 

Sebab, normalisasi hubungan diplomatik dengan Saudi merupakan tujuan utama dalam kebijakan luar negerinya. Juru bicara Bezalel Smotrich yang merupakan pemimpin Religious Zionism yang juga menteri keuangan, belum memberikan komentar. 

Apakah, pernyataan Strock mencerminkan sikap resmi Smotrich yang menjadi pimpinan partai anggota koalisi pemerintahan Netanyahu. Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir yang juga pemimpin Partai Jewish Power menegaskan hal yang sama. 

Ia menyatakan kepada Army Radio, tak menentang hubungan diplomatik dengan negara-negara Arab. ‘’Tapi jika itu termasuk konsesi ke Otoritas Palestina (PA), menyerahkan wilayah, mempersenjatai PA, atau memberi teroris kekuasaan, saya tentu keberatan.’’

Hubungan Israel-AS dalam beberapa bulan terakhir terganjal karena perluasan permukiman Yahudi oleh Israel di tanah-tanah milik warga Palestina. Persoalan lainnya adalah keputusan mengubah sistem yudisial dengan melemahkan wewenang mahkamah agung. 

Normalisasi akan jadi langkah besar....

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement