Jumat 11 Aug 2023 00:18 WIB

Andai Putin Setop Ekspor Bahan Nuklir, PLTN di 30 Negara Mati

Rosatom berada di urutan ketiga dalam produksi uranium.

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat meninggalkan sesi pleno Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg, Rusia, Jumat, 16 Juni 2023.
Foto:

Perkiraan itu merujuk data perdagangan yang dianalisis Royal United Service Institute, sebuah lembaga think tank yang berbasis di London, Inggris. ‘’Kemungkinan angka sebenarnya lebih besar karena sulitnya melacak ekspor semacam itu,’’ ujar mereka. 

CEO Rosatom Alexei Likhachyov menyatakan kepada surat kabar Rusia, Izvestia,’’Bisnis luar negeri perusahaan mestinya bisa mencapai 200 miliar dolar AS pada dekade berikutnya.’’

Pakar energi nuklir menyatakan, AS dan negara-negara Eropa akan sulit memangkas impor produk nuklir Rusia. Industri energi nuklir AS, menghasilkan sekitar 20 persen listrik. Bahan bakar dan produk nuklir Rusia yang dikirim ke AS menembus angka 871 juta dolar AS tahun lalu. 

Menurut Biro Sensus AS, angka ini meningkat dari 2021 yaitu 689 juta dolar AS dan 610 juta dolar AS pada 2020. Dalam kuantitas, merujuk data perdagangan ImportGenius, impor uranium dari Rusia hampir dua kali lipat dari 2020 yang mencapai 6,3 ton menjadi 12,5 ton pada 2022. 

Sumber impor terbesar uranium AS berasal dari Kazakhstan, yang berkontribusi hingga 35 persen. Kazakhstan, sekutu dekat Rusia, memiliki predikat sebagai produsen uranium terbesar di seantero dunia.

Anggota parlemen AS mendorong dikurangi atau dihentikannya impor uranium dari Rusia karena dianggap membiayai musuh bebuyutan AS dalam membuat senjata nuklir.’’Ini krusial kita menyetop mendanai monopoli nuklir oleh Rosatom,’’ kata anggota Senat, John Barrasso.

Di Eropa, terdapat 19 reaktor dengan desain Rusia di lima negara yang sepenuhnya bergantung pada bahan bakar nuklir dari Moskow. Prancis juga diketahui memiliki sejarah panjang ketergantungan uranium yang diperkaya dari Rusia. 

Dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada Maret, Greenpeace, yang mengutip basis data lembaga PBB, Comtrade, mengungkapkan impor Prancis atas uranium yang diperkaya dari Rusia meningkat dari 110 ton pada 2021 menjadi 312 ton pada 2022. 

Secara terpisah, kantor statistik Uni Eropa, Eurostat memaparkan, tahun lalu Eropa membelanjakan dananya hampir 828 juta dolar AS untuk mendapatkan produk industri nuklir Rusia, termasuk bahan bakar, reaktor nuklir, dan mesin reaktor.  

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement