Sabtu 12 Aug 2023 14:01 WIB

Duel Elon Musk dan Mark Zuckerberg Kemungkinan Digelar di Italia

Musk dan Zuckerberg saling menghasut untuk melakukan pertandingan MMA.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Bos Tesla Elon Musk mengatakan pada Jumat (11/8/2023), pertarungan kandang yang direncanakan dengan miliarder Mark Zuckerberg akan diadakan di lokasi epik dengan tema Romawi kuno.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez, Stephan Savoia
Bos Tesla Elon Musk mengatakan pada Jumat (11/8/2023), pertarungan kandang yang direncanakan dengan miliarder Mark Zuckerberg akan diadakan di lokasi epik dengan tema Romawi kuno.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Bos Tesla Elon Musk mengatakan pada Jumat (11/8/2023), pertarungan kandang yang direncanakan dengan miliarder Mark Zuckerberg akan diadakan di lokasi epik dengan tema Romawi kuno. Pemerintah Italia mengindikasikan siap untuk menggelar pertarungan tersebut.

Menteri Kebudayaan Italia Gennaro Sangiuliano mengatakan, dia telah berbicara dengan Musk tentang mengadakan acara amal besar dan menggugah sejarah.Dia tidak merinci acara apa itu atau kapan akan diadakan, hanya mengatakan bahwa itu tidak akan terjadi di Roma.

Baca Juga

"Itu tidak akan terjadi di Roma. Di atas segalanya, sejumlah besar, jutaan euro, diharapkan akan disumbangkan ke dua rumah sakit anak Italia yang penting untuk memperkuat fasilitas dan penelitian ilmiah untuk memerangi penyakit anak-anak," kata Sangiuliano dalam sebuah pernyataan.

Sangiuliano mengatakan, setiap acara akan menghormati dan menjaga situs warisan Italia.  "Ini juga akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan sejarah dan warisan arkeologi, seni, dan budaya kita secara global," ujarnya.

Politisi oposisi mengecam kesediaan pemerintah untuk membiarkan bos media sosial dan teknologi bertarung habis-habisan di Italia. "Saya merasa sangat bingung bahwa warisan budaya Italia tersedia bagi dua miliarder yang ingin memanjakan diri mereka sendiri seperti remaja bodoh," kata  mantan menteri industri Carlo Calenda.

“Ada hal-hal yang memang tidak untuk dijual. Salah satunya adalah martabat dan sejarah sebuah bangsa yang besar,” ujar pemimpin partai Azione.

Musk dan Zuckerberg telah saling menghasut untuk melakukan pertandingan seni bela diri campuran (MMA) sejak Juni. Pada satu titik, Musk mengatakan, Colosseum kuno Roma akan menjadi tuan rumah pertarungan, tetapi Italia mengesampingkannya.

Tapi, pemilik platform media X mengatakan, bahwa pertarungan itu tetap bertema Romawi kuno. "Segala sesuatu dalam bingkai kamera akan menjadi Roma kuno, jadi tidak ada yang modern sama sekali. Saya berbicara dengan PM Italia dan Menteri Kebudayaan. Mereka telah menyetujui lokasi yang epik," kata CEO Tesla dalam sebuah posting di X.

Surat kabar Corriere della Sera Italia menyatakan, bahwa jika pertarungan itu terjadi, itu mungkin dilakukan di Pompeii, dekat Naples.

Musk memberikan tantangan kepada Zuckerberg dalam posting 20 Juni. Dia menyatakan siap untuk melakukan pertarungan dengan saingan bisnisnya yang sudah cukup lama berlatih jiujitsu. Sehari kemudian, Zuckerberg memposting gambar pertandingan yang dimenangkannya di platform Instagram dan meminta Musk untuk mengirim lokasi untuk pertandingan yang diusulkan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement