Kamis 17 Aug 2023 13:30 WIB

Belarusia dan Cina Perdalam Hubungan Strategis

Belarusia dan Cina mencapai kerja sama tingkat tinggi yang belum pernah terjadi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu berkunjung ke Belarusia, Hubungan kedua negara semakin erat dari sebelumnya
Foto: AP
Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu berkunjung ke Belarusia, Hubungan kedua negara semakin erat dari sebelumnya

REPUBLIKA.CO.ID, MINSK -- Belarusia pada Rabu (16/8/2023) mengklaim hubungan diplomatik dengan Cina telah mencapai kerja sama tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pernyataan ini diungkapkan setelah kunjungan menteri pertahanan Cina ke Minsk selama tiga hari yang bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

 

Baca Juga

Menteri Pertahanan Belarusia, Viktor Khrenin bertemu dengan Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu. Khrenin mengatakan, hubungan kedua negara telah mencapai kemitraan strategis.

 

“Lebih dari 31 tahun hubungan diplomatik, melalui persahabatan tradisional dan saling menghormati, negara kita telah mencapai kemitraan strategis yang komprehensif," kata Khrenin, dilaporkan Anadolu Agency.

 

Kementerian Pertahanan Belarusia mencatat, Beijing sangat penting bagi kebijakan luar negeri Belarusia karena kedudukan dan pengaruhnya yang kuat di arena internasional. Khrenin menambahkan, hubungan persahabatan antara Belarusia dan Cina telah menjadi dasar untuk mengembangkan kerja sama kedua negara.

 

“Terlepas dari faktor eksternal, hubungan kami yang mendalam dan khusus memungkinkan kami untuk bergerak menuju penciptaan komunitas dengan kepentingan bersama dan tujuan bersama,” kata Khrenin.

 

Khrenin menambahkan, kunjungan Li akan membantu memperkuat hubungan militer dan pemahaman antara angkatan bersenjata kedua negara. Kunjungan ini juga menawarkan prospek yang sangat baik untuk pengembangan hubungan di bidang perdagangan, ekonomi, ilmiah dan teknis.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement