Senin 14 Aug 2023 15:48 WIB

Menhan Cina Kunjungi Rusia dan Belarusia, Bertemu Petinggi Militer Dua Negara

Menhan Cina akan berpidato di Konferensi Moskow tentang Keamanan Internasional

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu akan mengunjungi Rusia dan Belarusia
Foto: AP
Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu akan mengunjungi Rusia dan Belarusia

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menteri Pertahanan Cina, Li Shangfu akan mengunjungi Rusia dan Belarusia pada Senin hingga Sabtu (14-19 Agustus 2023). Hal ini dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Cina dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (14/8/2023).

Li akan menyampaikan pidato di Konferensi Moskow tentang Keamanan Internasional. Di sana ia juga akan bertemu dengan para pemimpin pertahanan dari Rusia dan negara-negara lain, kata Kementerian Pertahanan di akun media sosialnya, mengutip juru bicara Kolonel Wu Qian.

Baca Juga

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dijadwalkan akan berbicara pada konferensi tersebut dengan topik "Pencarian negara-negara besar di dunia untuk mencari cara-cara pembangunan di luar mekanisme Barat, termasuk memperkuat asosiasi multilateral jenis baru," demikian yang dilaporkan kantor berita resmi Rusia, TASS.

Selama di Rusia, Li akan menghadiri para pemimpin keamanan Rusia. Selanjutnya selama kunjungannya ke Belarusia, ia akan bertemu dengan kepala negara dan militer Belarusia. Li juga akan mengunjungi departemen militer di Belarus.

Cina dan Rusia telah memperkuat hubungan militer, melakukan patroli bersama dan latihan militer. Kunjungan Li ke Rusia dan Belarusia ini juga dalam rangka menunjukkan dukungan kepada negara-negara yang diisolasi oleh Barat atas invasi Rusia ke Ukraina.

Li telah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada bulan April, dan berjanji untuk memperkuat kerja sama militer. Pada bulan Juli, Li bertemu dengan kepala angkatan laut Rusia di Beijing.

sumber : Reuters / AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement